SriwijayaPost/
Home »

Pali

Pemkab PALI Tertibkan Nopol Puluhan Mobil Dinas

Satu per satu kendaraan mobil dinas di Pemkab PALI yang kebanyakan dibawa oleh sopirnya menyerahkan BPKB dan STNK masing-masing mobil dinas tersebut.

Pemkab PALI Tertibkan Nopol Puluhan Mobil Dinas
Dok Pemkab PALI
Petugas mendata salah satu pegawai Dishub PALI yang menyerahkan BPKB dan STNK mobil dinas 

PALI - Puluhan mobil dinas (Mobdin) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Selasa (30/5/2017) mulai ditertibkan untuk pengurutan plat nomor polisi (nopol).

Kegiatan penertiban tersebut digelar oleh UPTB Samsat Kabupaten PALI bekerjasama dengan Kepolisian Resort (Polres) Muara Enim dan BPKAD Kabupaten PALI, di halaman kantor Bupati PALI di Jalan Merdeka Km 10 Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.

Satu per satu kendaraan mobil dinas di Pemkab PALI yang kebanyakan dibawa oleh sopirnya menyerahkan BPKB dan STNK masing-masing mobil dinas tersebut.

Kemudian, secara bergantian dilakukan pendataan baik di meja dan di mobil samsat keliling.

Kepala UPTB Samsat PALI, Dadang Afriandy menuturkan bahwa dalam aturannya memang sudah jelas bahwa untuk nomor polisi kendaraan mobil dinas dalam pemerintahan memiliki urutan sesuai jabatan dan fungsinya di pemerintahan.

"Sehingga nantinya, untuk plat nopol yang berjumlah empat digit angka, akan menjadi satu digit angka, dua digit, atau tiga digit angka. Sesuai dengan jabatan dan fungsinya di Pemerintahan Kabupaten PALI," terang Dadang.

Nantinya, data yang diberikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dengan mobil dinasnya, akan dicek ke kantor dan akan dilakukan revisi plat nopol untuk kendaraan tersebut.

"Ini semua tanpa terkecuali, baik Bupati, Wabup, Sekda, Kepala Dinas, sampai jajaran pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten PALI," tambahnya.

Untuk teknisnya, data ulang kemudian diperiksa di kantor.

"Apabila kendaraan tersebut menunggak pajak, maka harus terlebih dahulu bayar pajak, tetapi kalau kendaraan tersebut lunas pajak, maka bisa langsung diganti plat nopolnya. Kemudian dilakukan pencetakan nomor STNK baru dan pencetakan plat baru, serta penulisan BPKB yang baru. Untuk lama prosesnya sendiri, kita belum bisa pastikan kapan selesai. Yang pasti kita menginginkan secepatnya," ujarnya.

Editor: Sudarwan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help