Jangan Biasakan "Si Pus" Tidur di Kasur Anda, Ini 8 Alasannya

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Hewan ini pun sering mendapat perlakuan istimewa dari pemiliknya, mulai dari makanan, sampai berb

Jangan Biasakan
eskipaper.com
ilustrasi kucing tidur. 

SRIPOKU.COM - Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Hewan ini pun sering mendapat perlakuan istimewa dari pemiliknya, mulai dari makanan, sampai berbagi tempat tidur di kamar.

Berita Lainnya:
Ini Dia Kucing Paling Cantik di Dunia

Meski Anda sangat menyayangi "Si Pus", namun sebaiknya jangan biasakan untuk tidur bersama di kasur. Paling tidak ada 8 alasan mengapa kucing-kucing Anda seharusnya tidur di tempatnya sendiri.

1. Menggangu tidur
Kucing merupakan salah satu binatang yang memiliki wakt tidur cukup lama, 15 jam sehari. Namun, kucing sangat aktif pada dini hari. Bukan tidak mungkin tidur nyenyak Anda terganggu karena ia menggaruk, mendorong atau mengeong-ngeong hanya untuk menarik perhatian Anda.

Gangguan itu tentu memengaruhi siklus tidur. Anda akan mengalami kondisi letih dan lesu keesokan hari. Studi dari Mayo Clinic Sleep Disorders juga menemukan bahwa lebih dari 20 persen pasien yang tidur dengan hewan peliharaan, mengatakan tidur mereka terganggu.

2. Terpapar litter box
Anda perlu tahu, bahwa litter box atau tempat kucing buang air merupakan tempat kotor. Ketika kucing di sana, kaki mereka tentu akan bersentuhan dengan kotoran-kotoran tersebut. Ketika Anda memperbolehkan kucing tidur bersama, maka kotoran itu akan berakhir di kasur Anda.

3. Alergi dan asma
Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, sekitar 30 persen orang memiliki reaksi alergi terhadap kucing dan anjing. Reaksi alergi terhadap kucing dua kali lebih besar daripada dengan anjing.

Dokter menyarankan agar tidak memelihara kucing di dalam rumah bila memang memiliki alergi. Namun, bila memang ingin memiliki kucing, upayakan agar pintu kamar selalu tertutup dan menggunakan filter partikel udara efisiensi tinggi untuk menghilangkan pemicu alergi dan asma.

4. Ancaman bagi anak kecil
Kucing suka dengan tempat tidur bayi karena berupa boks tinggi, lembut dan terlindungi. Namun, jangan biarkan kucing tidur dengan anak, terutama bayi. Sebab, anak bisa terjepit oleh tubuh kucing saat sedang tidur.

5. Sulit adaptasi
Kucing merupakan hewan yang memiliki kebiasaan. Ia sukar beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, bila suatu saat Anda memutuskan kucing Anda tidur lagi tidur di kasur, mereka akan menunjukkan respon marah dan merusak.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved