SriwijayaPost/

Hadiri Gema Cermat, Ini yang Disampaikan Anggota DPR RI Irma Suryani Kepada Masyarakat Ogan Ilir

"Jangan sembarangan mengkonsumsi obat apalagi tanpa resep dokter. Karena obat yang dikonsumsi itu bisa menjadi racun," jelas Irma.

Hadiri Gema Cermat, Ini yang Disampaikan Anggota DPR RI Irma Suryani Kepada Masyarakat Ogan Ilir
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Anggota Komisi IX DPR-RI Irma Suryani memberikan penjelasan dalam kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat yang digelar Aula Pendopoan Bupati OI KPT Tanjung Senai Inderalaya, Kamis (28/5). 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA-- Anggota DPR-RI komisi IX Irma Suryani selaku mitra kerja Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan mengkonsumsi obat-obatan.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri kegiatan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat), Kamis (18/5), pukul 11.00, di Aula Pendopoan Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai Inderalaya.

Kegiatan sosialisasi tersebut, diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan dihadiri sejumlah masyarakat dan para petugas tenaga medis di RSUD OI, serta pihak Puskesmas Kabupaten OI.

Dihimbau anggota Komisi IX DPR-RI ini, saat ini telah banyak ditemui obat-obatan yang dijual bebas tanpa pengawasan BPOM, seperti apotik yang menjual obat sembarangan tanpa resep dokter, vaksin palsu dan lain sebagainya.

Lanjut Irma, tentunya hal ini, sebagai tindaklanjut dari pihak pemerintah pusat serta Parlemen dalam melakukan fungsi pengawasan untuk program pemerintah yang punya "negative impact" terhadap kondisi kesehatan warga masyarakat termasuk warga masyarakat Kabupaten OI.

"Jangan sembarangan mengkonsumsi obat apalagi tanpa resep dokter. Karena obat yang dikonsumsi itu bisa menjadi racun," jelas Irma.

Begitu pun juga dikatakan Irma, untuk Apotik jangan sembarangan menjual obat kepada warga masyarakat tanpa ada pemberitahuan harus dengan resep dokter.

Jadi pihaknya selaku anggota Komisi IX DPR-RI kedatangannya ke Kabupaten OI untuk mengontrol apakah fungsi pengawasan terhadap obat-obatan ini sudah berjalan dengan baik termasuk pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat Kabupaten OI dari tingkat Puskesmas maupun rujukan.

"Dan alhamdulillah semuanya baik-baik saja, program pemerintah menyangkut pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik," tutur Irma.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah meminta kepada pemerintah pusat dalam hal ini Kemenkes RI perlunya membangun program "Dokter Bijak Pasien Pintar".

"Program tersebut, tentu sangat baik dalam memberikan pemahaman terhadap pasien," tutur anggota Komisi IX DPR-RI ini.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help