SriwijayaPost/

Psikologi

Stres? Ingatlah Pengalaman yang Menyenangkan

Saat kita merasa sedih atau dalam kondisi stres, acapkali orang menyarankan agar memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Sepertinya itu saran yang seder

Stres? Ingatlah Pengalaman yang Menyenangkan
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Saat kita merasa sedih atau dalam kondisi stres, acapkali orang menyarankan agar memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Sepertinya itu saran yang sederhana, namun menurut ilmu pengetahuan, anjuran itu ternyata ada benarnya.

Berita Lainnya:  Sebaiknya Anda "Nge-Gym" Saat Stres

Penelitian terbaru dari Rutgers University menemukan bahwa mengenang peristiwa-peristiwa yang menyenangkan bisa mengurangi respon tubuh terhadap stres. Kesimpulan yang dipublikasikan di Nature Human Behavior ini diperoleh setelah peneliti Mauricio Delgado dan Megan Speer memberi ujian yang membuat 134 relawan tertekan dengan memasukkan tangan ke air yang sangat dingin.

Sebagian orang diminta memikirkan peristiwa gembira yang pernah mereka alami seperti berlibur bersama keluarganya, sedangkan yang lain diminta memikirkan pengalaman biasa seperti berangkat kerja atau menunggu kereta.

Kelompok yang diminta mengingat pengalaman gembira ternyata merasa lebih baik dan hormon kortisol yang mempengaruhi stres di tubuhnya hanya 15 persen dibanding mereka yang memikirkan kejadian-kejadian biasa.

Para peneliti kemudian melakukan percobaan yang serupa namun sekaligus memindai otak para relawan menggunakan fMRI. Mereka yang memikirkan pengalaman bahagia mengalami peningkatan aktivitas di bagian otak yang berkaitan dengan pengaturan emosi dan kesadaran.

“Penemuan ini membuktikan bahwa mengingat kembali atau memikirkan peristiwa gembira bisa mengurangi stres,” ujar Delgado. “Kita jadi tahu bahwa berpikir positif dan gembira memberi dampak yang baik dan bukan sekedar ucapan klise belaka.”

Penulis: Wisnubrata
Sumber: http://menshealth.com/

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help