Aplikasi Permainan Stocklab Diharapkan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Pasar Modal

“Tahun ini kami mencoba menerapkan pola baru yakni menggunakan aplikasi permainan stocklab,” ujar Veviyanti.

Aplikasi Permainan Stocklab Diharapkan Meningkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Pasar Modal
IST
Cara pengenalan yang dilakukan OJK dan BEI melalui sebuah permainan yang disebut Stocklab (IST) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI), sejak tahun lalu mulai gencar melakukan sosilisasi dan edukasi kepada semua lapisan masyarakat terkait pasar modal. Hal ini menyusul masih rendahnya literasi pasar modal.

Uniknya, cara pengenalan yang dilakukan OJK dan BEI melalui sebuah permainan yang disebut Stocklab. Dengan permainan ini peserta seolah-olah diajak bermain dan melakukan transaksi saham baik jual maupun beli.

“Tahun ini kami mencoba menerapkan pola baru yakni menggunakan aplikasi permainan stocklab,” ujar Deputi Direktur Penetapan Sanksi Pasar Modal 2 OJK Veviyanti, Selasa (16/5) saat media gathering di Hotel Excelton Palembang.

Lanjutnya, Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal (BPSPM) akan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2017 di Palembang pada tanggal 16-18 Mei 2017.

Kegiatan ini telah diselenggarakan sejak tahun 2015-2016 di 12 kota besar di Indonesia dan merupakan hasil kerjasama antara OJK dengan BEI, Perusahaan Efek dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI).

Kota Palembang menjadi kota ke-4 diselenggarakannya program SEPMT tahun 2017 setelah Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, Vevi mengatakan, indeks Pasar Modal Nasional hanya sebesar 4,4 persen meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu sebesar 3,79 Persen.

Sedangkan untuk indeks inklusi Nasional tahun 2016 juga mengalami peningkatan dari 0,1 1 persen di tahun 2013 menjadi 1,25 persen di tahun 2016.

Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Pasar Modal khususnya di Kota Palembang.

Target peserta dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah Pejabat, Pegawai Kantor OJK, para pelaku bisnis, wartawan Lokal, Dosen/Pengajar; dan Mahasiswa di daerah.

Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan selama kurang lebih 3 (tiga) hari di Palembang, yakni;  16 Mei 2017 diselenggarakan Media Gathering Wartawan di Kantor Regional 7 OJK Sumatera Bagian Selatan.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help