Kabar Baru, Microsoft Siapkan "Browser" Kebal Malware

Peramban internet alias browser kerap kali dimanipulasi agar menjadi gerbang bagi aneka program jahat untuk menginfeksi komputer pengguna.

Kabar Baru,  Microsoft Siapkan
blog.goo.ne.jp
Tampilan browser Edge di Windows 10. 

SRIPOKU.COM- Peramban internet alias browser kerap kali dimanipulasi agar menjadi gerbang bagi aneka program jahat untuk menginfeksi komputer pengguna.

Berita Lainnya:  Windows Vista Telah Resmi Berakhir

Sebab itulah, Microsoft kabarnya sedang berupaya mengembangkan sebuah browser yang mampu menangkal serangan malware. Software yang merupakan varian peramban Edge untuk Windows 10 ini dibekali fitur baru bernama Windows Defender Application Guard.

Cara kerjanya, Application Guard memisahkan diri dari lingkungan sistem operasi komputer dengan membuat dan berjalan di atas virtual PC (sandboxing).

Dengan begini, browser terisolasi dari komponen lain seperti storage, aplikasi lain, dan Windows 10 sehingga tidak bisa didompleng oleh Malware untuk menginfeksi komputer.

Browser lain sebenarnya ada pula yang menawarkan opsi sandboxing. Namun, Microsoft mengatakan bahwa Application Guard memiliki keunikan berupa kontainer hardware yang benar-benar mampu mencegah penyusupan malware.

Ada beberapa kekurangan dari teknik menjalankan Edge di virtual machine, seperti performa yang cenderung lebih lamban. Semua data dan cookie pun tidak akan tersimpan usai pengguna selesai berselancar di internet dan menutup browser.

Untuk saat ini peramban Edge versi "aman" dengan Application Guard baru tersedia di Windows 10 versi Insider Preview for Enterprises keluaran terbaru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Kamis (11/5/2017).

Selain Application Guard, Windows 10 Insider Preivew ikut menyertakan PDF reader untuk Microsoft Edge dam setting asisten digital Cortana yang terintegrasi.

Penulis: Oik Yusuf
Sumber: ENGADGET

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help