SriwijayaPost/

7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi juga tidak semata menimpa orang tua, yang berusia muda juga harus waspada.

7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi
IST
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Kolesterol tinggi bisa terjadi pada siapa saja. Ini bukan eksklusif orang bertubuh gemuk, yang bertubuh kurus pun tidak berarti kolesterolnya rendah. Kolesterol tinggi juga tidak semata menimpa orang tua, yang berusia muda juga harus waspada.

Ada dua macam kolesterol yaitu pertama, kolesterol jahat atau biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein). Kolesterol ini dapat menempel pada pembuluh darah. Kedua, kolesterol baik atau dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein). Kolesterol baik merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh.

Berikut 7 cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh :

#1. Periksa kadar kolesterol. Langkah pertama dalam menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan memeriksa kadar kolesterol. Kadar kolesterol normal dalam tubuh adalah 160 - 200 mg / dl, dengan kadar LDL di bawah 130, dan HDL berada di atas angka 40. Agar tetap dalam keadaan normal, maka penumpukan kadar LDL harus dicegah.

#2. Menurunkan berat badan. Menurunkan berat badan yang berlebih adalah salah satu cara untuk menurunkan kolesterol tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses tubuh dalam menghancurkan lemak. Mengurangi sekitar 2.5–4.5 kg berat badan dipercaya dapat memperbaiki kadar kolesterol.

#3. Berolah-raga secara rutin. Rutin berolah raga adalah salah satu cara efektif menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jalan santai, jogging atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Usahakan berolahraga 30 menit setiap hari dan lima hari dalam seminggu.

#4. Bersahabat dengan lemak baik. Jika telah didiagnosa memiliki kadar kolesterol tinggi, biasanya disarankan agar kita menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya kita mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, alpukat, minyak zaitun, kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan HDL.

Minyak zaitun contohnya. Minyak zaitun adalah contoh lemak baik yang akan menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Mengapa orang di timur tengah dan sekitar mediterania jarang terkena darah tinggi sementara mereka banyak mengkonsumsi daging ? Jawabnya adalah karena mereka memasaknya dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sangat efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi.

#5. Diet rendah lemak. Konsumsi makanan yang rendah lemak. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh dan bukan mengandung lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka kurangi konsumsi makanan yang digoreng.

#6. Konsumsi makanan berserat dan anti oksidan. Perbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.

Halaman
123
Editor: Budi Darmawan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help