SriwijayaPost/

Kades Serahkan Tiga Pucuk Kecepek ke Polisi

Tiga pucuk senjata api rakitan laras panjang yang diserahkan itu diterima langsung oleh Kapolsek Rawasilir Iptu Fajri Anbiyaa, Sabtu (6/5/2017).

Kades Serahkan Tiga Pucuk Kecepek ke Polisi
Ahmad Farozi
Kapolsek Rawasilir Iptu Fajri Anbiyaa menerima senjata api rakitan yang diserahkan oleh Kades Batu Kucing Kecamatan Rawasilir, Sabtu (6/5/2017).

SRIPOKU.COM -- Kepala Desa Batu Kucing Kecamatan Rawasilir, Jidi Sioni menyerahkan tiga pucuk senjata api rakitan (senpira) yang biasa disebut kecepek oleh warga lokal kepada Polsek Rawasilir. Tiga pucuk senjata api rakitan laras panjang yang diserahkan itu diterima langsung oleh Kapolsek Rawasilir Iptu Fajri Anbiyaa, Sabtu (6/5/2017).
"Tiga pucuk senpira jenis kecepek tersebut, diserahkan oleh Kepala Desa Batu Kucing mewakili warganya. Ini sebagai bukti bahwa masih ada kesadaran warga terhadap hukum dan merupakan dukungan nyata warga terhadap penertiban senjata api rakitan guna mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif di wilayah Kecamatan Rawasilir,” ujar Kapolres Musirawas AKBP Hari Brata melalui Kapolsek Rawasilir Iptu Fajri Anbiyaa, kepada Sripoku.com, Minggu (7/5/2017).
Dikatakan, adanya kesadaran masyarakat untuk menyerahkan senjata api rakitan kepada polisi, merupakan hal yang sangat positif dan patut diapresiasi. Sebab, dengan banyaknya peredaran senjata api secara illegal di masyarakat, akan berpeluang banyaknya potensi perbuatan-perbuatan melawan hukum. Ia mengilustrasikan, pada saat warga menyimpan senjata api rakitan walaupun tidak digunakan, maka ketika terdapat permasalahan hukum atau permasalahan secara ekonomi, maka secara psikis muncul dorongan menggunakan senjata api rakitan untuk melakukan perbuatan melawan hukum dari si pemegang senjata api rakitan tersebut. Dan juga, peredaran senjata api rakitan berjalan lurus dengan indeks kejahatan yang terjadi. Sehingga perlu upaya yang komperhensif dalam penanganan kejahatan pra dan pasca terjadinya suatu tindak pidana.
"Untuk itu melalui tiga pilar Kamtibmas, kami akan terus memberikan imbauan agar warga tidak menguasai senjata api secara illegal” ujar Iptu Fajri Anbiyaa. (ahmad farozi)

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: wartawansripo
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help