SriwijayaPost/
Home »

Sport

Hidupkan Tradisi Silat Sekaligus Mengaji ala Persinas Asad

Salah satunya dengan mengikuti seni bela diri. Antusias para pelajar SMP dan SMA ini terlihat dalam seleksi provinsi atlet silat Perguruan Silat Nasio

Hidupkan Tradisi Silat Sekaligus Mengaji ala Persinas Asad
SRIPO/YULIANI
Para pesilat Persinas Asad Sumsel saat sedang bertarung di hadapan dewan juri di padepokan Asad Komplek LDII Palembang, Minggu (7/5). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan remaja usia sekolah untuk mengisi waktu luang di sela kesibukan belajar.

Salah satunya dengan mengikuti seni bela diri. Antusias para pelajar SMP dan SMA ini terlihat dalam seleksi provinsi atlet silat Perguruan Silat Nasional (persinas) ASAD se-Sumsel yang berlangaung di padepokan Asad Komplek LDII Palembang, Minggu (7/5).

Dengan mengenakan baju silat hijau khas perguruan Asad, ratusan remaja ini unjuk kebolehan di hadapan juri untuk memperebutkan tiket menuju kejurnas silat persinas Asad tingkat nasional di Jakarta pada bulan Agustus mendatang.

Jusef Imelsyah selaku ketua Persinas Asad Sumsel mengatakan, peserta yang datang dari setiap sekolah di perwakilan 13 Kabupaten/Kota di Sumsel.

"Ada 10 kelas yang dikompetisikan, dari A sampai J dan tingkat seni, tunggal ganda dan beregu," ujarnya.

Seleksi ini sendiri sudah dipersiapkan mulai dari pos sekolah dimana tempat mereka ditempa dari awal.

Karena untuk tahun ini mereka menargetkan untuk memboyong lima emas.

"Sebelumnya memang belum ada yang menjuarai tingkat nasional. Tapi sudah beberapa kali even lokal kita selalu dapat juara. Apalagi untuk mempersiapkan ajang olahraga di tingkat pelajar," ujarnya.

Sementara itu, pemangku azas Persinas Asad Sumsel, Aji M Yunus Iskandar SE menambahkan, para siswa tersebut tidak hanya dibekali dengan ilmu bela diri.

Namun ilmu agama juga diperdalami.

"Ada latihan rutin dari Senin sampai Jumat mulai pukul 16.00 hinggal 18.00 WIB. Kalau malamnya ada kegiatan ngajinya pesilat, dan pada malam inilah kesempatan pesilat untuk belajar agama," jelasnya

Penulis: Yuliani
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help