SriwijayaPost/

Ngeri. . . 5 Tips Aman Mengemudi saat Hujan Deras

Pernahkah Anda harus mengemudi malam hari di tengah hujan deras? Secara alamiah, rasa waswas mungkin saja muncul terkait kondisi jalan yang licin hing

Ngeri. . . 5 Tips Aman Mengemudi saat Hujan Deras
Sidomi
Mengemudi saat Hujan Deras. 

SRIPOKU.COM- Pernahkah Anda harus mengemudi malam hari di tengah hujan deras? Secara alamiah, rasa waswas mungkin saja muncul terkait kondisi jalan yang licin hingga tingginya risiko kecelakaan lalu lintas.

Berita Lainnya:  Waspada Berkendara di Musim Hujan, Jalan Licin Rawan Kecelakaan

Lalu, bagaimana kiat berkendara dengan aman dan juga nyaman saat hujan deras? Berikut sejumlah tipsnya:

1. Perlambat laju kendaraan
Hujan deras tentu membuat jalanan licin dan juga jarak pandang terbatas. Itulah sebabnya seorang pengemudi harus menyetir lebih lambat untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Seperti dikutip dari laman defensivedriving, Selasa (5/5/2015), kecepatan ideal mengemudi saat hujan deras adalah 20-30 kilometer per jam lebih lambat dibandingkan kondisi normal.

Hal itu akan membuat pengemudi memiliki kontrol lebih baik atas kendaraannya.

2. Hindari pengereman mendadak
Selain kecepatan kendaraan, hal lain yang harus diperhatikan adalah pengereman. Pengemudi seyogianya tak mengerem secara mendadak saat hujan deras.

Sesuatu yang membahayakan pengemudi saat pengereman mendadak adalah aquaplaning. Ini merupakan kondisi mobil meluncur hilang kendali dalam kecepatan tinggi saat roda menginjak genangan sehingga roda seakan-akan melayang.

Itulah sebabnya penting bagi pengemudi untuk mengerem dengan cermat saat hujan deras dan juga memastikan kondisi rem selalu dalam kondisi prima.

3. Perhatikan jarak aman kendaraan
Berdasarkan penelitian lembaga keselamatan berkendara, Brake, dalam situsnya, Jumat (8/1/2016), satu dari lima pengemudi (sekitar 22 persen) kesulitan untuk memperkirakan jarak mobil yang dikendarai dengan kendaraan di depannya saat hujan deras.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help