Korban Angin Puting Beliung di Pemulutan Selatan Dapat Bantuan

"Kami sudah mengirimkan bantuan untuk warga dan langsung dibawa oleh Camat Pemulutan Selatan," tutur Kadinsos OI, Jumat (5/5).

Korban Angin Puting Beliung di Pemulutan Selatan Dapat Bantuan
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Camat Pemulutan Selatan Sri Nuryanti meninjau warganya yang rumahnya terkena bencana angin puting beliung. Sementara, warga terpaksa tinggal di rumah-rumah penduduk yang tidak terkena angin puting. 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA-- Korban bencana angin puting beliung yang memporak-porandakan belasan rumah penduduk di desa-desa kawasan Kecamatan Pemulutan Selatan (Pemsel) Kabupaten Ogan Ilir (OI), beberapa hari yang lalu, Rabu sore (3/5), menerima bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI melalui Dinas Sosial (Dinsos).

Bantuan yang diberikan kepada korban antara lain, bantuan sembako, sandang pangan serta peralatan lainnya.

Kadinsos OI Ahmad Syafei mengatakan, setelah pihaknya menerima laporan dari Camat Pemulutan Selatan tercatat ada 11 rumah penduduk yang roboh.

Untuk itu, lanjut Ahmad Syafei, pihaknya langsung menyiapkan bantuan kepada warga korban bencana puting beliung tersebut.

"Kami sudah mengirimkan bantuan untuk warga dan langsung dibawa oleh Camat Pemulutan Selatan," tutur Kadinsos OI, Jumat (5/5).

Sementara itu, menurut Camat Pemsel Sri Nuryanti, kondisi warganya terpaksa tinggal di rumah-rumah warga dan sanak saudaranya yang tidak terkena bencana puting beliung.

Mengingat rumah tempat tinggal mereka kondisinya cukup prihatin. "Jadi kita langsung mengambil langkah dengan cara jemput bola membawa bantuan yang telah disiapkan oleh pihak Dinsos. Bantuan yang diberikan berupa bahan-bahan sembako, tikar, mie," tuturnya.

Ia menjelaskan, jumlah korban puting beliung sebanyak 11 KK, Sailing , Saimah dan Sayuti warga Desa Aurstanding, lalu Sarifah, Zulkarnain, Aman, Jailani, Mastini, Hasan, Malik mereka warga Harimau Tandang dan Hamdan warga Desa Mayapati.

Berdasarkan pantauan, Kamis (4/5) rumah warga yang terkena bencana angin puting beliung umumnya jauh dari permukiman padat penduduk dan kebanyakan berada di tengah sawah.

Ditambah dengan kondisi tiang bangunan rumah yang kurang kuat dan atap rumah yang terbuat dari bahan seng dan daun nipah.

Lokasi bencana di tiga desa antara lain Desa Harimau Tandang, Desa Mayapati dan perbatasan Desa Pematang Bungur Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Pemkab OI Syakroni mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan personil tim reaksi cepat (TRC) untuk membantu korban puting beliung ke lokasi melalui jalur sungai.

Lanjut Syakroni, mengingat musibah yang dialami warga berjumlah lebih dari 10 KK. Maka, pihaknya akan melaporkan kepada pihak Provinsi Sumsel untuk ikut bertanggung jawab dalam memberikan bantuan.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved