Kalau Memang Diberlakukan Perda Retribusi, Ajak Transportir Duduk Bareng

Ketua Harian ATBS Eenk Muda mengatakan tidak ada retribusi yang dikenakan Pemerintah Daerah secara khusus bagi angkutan batubara melintas Sungai Musi.

Kalau Memang Diberlakukan Perda Retribusi, Ajak Transportir Duduk Bareng
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Ketua Harian Asosiasi Transportir Batubara Sumatera Selatan (ATBS), Eenk Muda. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Ketua Harian Asosiasi Transportir Batubara Sumatera Selatan (ATBS), Eenk Muda mengatakan hingga kini tidak ada retribusi yang dikenakan Pemerintah Daerah secara khusus bagi angkutan batubara yang melintas di perairan Sungai Musi.

"Hingga kini tidak ada retribusi daerah. Kalau memang nantinya ada Perwali ataukah Perda menurut saya itu tidak apa-apa untuk menambah PAD. Selagi tidak memberatkan. Hendaknya sebelum diberlakukan diundang pihak terkait, para transportir supaya tahu dan tersosialisasikan," ungkap Ketua Harian Asosiasi Transportir Batubara Sumatera Selatan (ATBS), Eenk Muda.

Menurut Eenk, tongkang yang mengangkut batubara dibawa dikeluarkanlah SIB (Surat Izin Berlayar) dari KSOP.

"Di sana pengecekan royalti, dokumen sebelum berlayar, tonase muatan, dan memastikan batubara yang keluar dari Sumsel. Trader, pembeli dermaga telah membayar pajak royalti ke negara. Sudah lunas dibayar dan surat asal batubara jelas dari tambang mana asalnya. Dalam arti kata, tambang yang legal," terangnya.

Dikatakan Eenk, selama ini transporti mengantar muatan batubara dengan tongkang ini dari mulut tambang sampai ke pelabuhan batubara.

"Baik pelabuhan EPI di PALI, ataupun di Kota Palembang. Ada RMK di Gandus, Fortuna Marina Sejahtera di Gandus, Patratani Prabumulih, Mariana, Kertapati. Batas ngangkut. Harus ada surat dispensasi dari gubernur. Surat izin pengangkutan. Memang dokumen dari tambang harus lengkap hingga ke pelabuhan," pungkasnya. (Editor: Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help