Liga I Indonesia

Meski Sudah Kantongi VKU, Bopi Tetap Tidak Izinkan Pino

VKU tidaklah cukup. Dalam manual liga yang tercantum sudah jelas jika salah satu syaratnya adalah KITAS, bukan VKU (Visa Kunjungan Usaha),"

Meski Sudah Kantongi VKU, Bopi Tetap Tidak Izinkan Pino
arema cronus di grup neraka 

SRIPOKU.COM, MALANG-Status marquee player Arema, Juan Pablo Pino Puello sudah disahkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Namun, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tidak memperbolehkan klub memainkannya selama KITAS-nya belum beres.

Tim pelatih Arema berencana memainkan Pino di pekan kedua Liga 1 saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Minggu (23/4/2017).

Manajemen klub mengklaim bukti pengurusan KITAS saja sudah cukup sebagai syarat disahkannya mantan pemain AS Monaco itu sebagai pemain mereka di Liga 1.

"Seperti koordinasi saya dengan imigrasi kemarin, VKU tidaklah cukup. Dalam manual liga yang tercantum sudah jelas jika salah satu syaratnya adalah KITAS, bukan VKU (Visa Kunjungan Usaha)," jelas sekjen BOPI Heru Nugroho, seperti dilansir dari situs wearemania, Jumat (21/4).

Sebelumnya, Kamis (20/4), BOPI telah melakukan rapat dengan kementerian tenaga kerja, imigrasi, kementerian hukum dan HAM, kemenpora, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait perizinan pemain asing ini.

Hasil pertemuan tersebut menyebutkan klub bisa mengajukan izin menggunakan tenaga asing (IMTA) ke Ditjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) dan PKK-Kemenaker tanpa terlebih dulu mendapat rekomendasi dari BOPI.

Setelah mendapatkan IMTA, selanjutnya klub bersangkutan bisa mengajukan permohonan Visa Tinggal Terbatas (VITAS) dan Izin Tinggal Terbatas (ITAS) untuk pemainnya ke Dirjen Imigrasi-Kemenkumham.

Terakhir, klub wajib menyampaikan kepada BOPI dan Kemenpora hasil pengajuan surat administratif itu agar mereka bisa melakukan pengawasan di lapangan dan koordinasi antarinstansi terkait.

Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help