7 Wisata Peninggalan Zaman Dulu yang Wajib Dikunjungi di Purwakarta

Banyak daerah di Jawa Barat punya sejarah unik. Sejarah tersebut salah satunya bisa dilihat dari peninggalan bangunannya. Sebutlah di Purwakarta, mis

7 Wisata Peninggalan Zaman Dulu yang Wajib Dikunjungi di Purwakarta
Purunews.com
Stasiun kereta api terletak di Jalan Kornel Singawinata No 1 Purwakarta. Stasiun ini dibangun tahun 1902 bersamaan dengan pembangunan jalur baru KA dari Batavia (Jakarta)-Bandung. Jalur baru ini melewati Cikampek-Purwakarta. 

SRIPOKU.COM - Banyak daerah di Jawa Barat punya sejarah unik. Sejarah tersebut salah satunya bisa dilihat dari peninggalan bangunannya.

Berita Lainnya:  Menelusuri Kampung Monyet hingga Keramik di Purwakarta

Sebutlah di Purwakarta, misalnya. Sedikitnya ada tujuh bangunan peninggalan zaman dulu yang wajib dikunjungi wisatawan.

1. Pendopo Purwakarta
Desain bangunan ini berlanggam Indische Empire Stijl. Dihiasi ornamen sunda, bangunan ini menjadi cantik dan anggun. Dilihat dari beberapa sudut, tampilan gedung ini sangat gagah.

Pada zaman dulu pendopo ini berfungsi sebagai kantor pemerintahan sekaligus tempat tinggal bupati. Renovasi gedung ini diperkirakan pada 1854/1856 dengan perubahan atap bangunan menjadi genteng dan lantainya berupa bangunan ditembok. Namun, perubahan itu tetap mempertahankan arsitektur tradisionalnya.

Kini, fungsi pendopo Purwakarta semakin luas. Selain untuk kegiatan pemerintahan, pendopo menjadi salah satu pusat budaya Purwakarta. Di tempat inilah kerap digelar perhelatan budaya, latihan tari-tarian, hingga belajar pembuatan wayang, keramik, hingga suling.

Pada renovasi terakhirnya terjadi perubahan di sekeliling Pendopo. Jika dulu beralaskan tanah, kini sekeliling pendopo dihiasi air mancur. Ini seiring dengan pembuatan taman di sekitar pendopo.

Penambahan air mancur dan jembatan di atas air itu membuat pendopo tampak lebih indah dan menjadi tempat wisata baru bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Gedung negara
Gedung Negara dibangun pada masa VOC atau sekitar 1810. Bangunan bergaya arsitektur Eropa ini berdiri megah di Jalan Gandanegara No 25, Purwakarta.

Pada awal pendiriannya, gedung ini selain menjadi kantor juga menjadi rumah dinas bupati. Namun, di era 1983-1993, yaitu pada masa kepemimpinan Bupati Soedarna, Gedung Negara tak lagi dijadikan tempat tinggal.

Halaman
1234
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help