SriwijayaPost/

Jalan Tol Akses Tanjung Priok Siap Dibuka

Jalan Tol Akses Tanjung Priok segera diresmikan Sabtu (15/7/2017) siang ini, setelah pembangunannya rampung 100 persen.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok Siap Dibuka
Internet
Tol Tanjung Priok. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Jalan Tol Akses Tanjung Priok segera diresmikan Sabtu (15/7/2017) siang ini, setelah pembangunannya rampung 100 persen.

Berita Lainnya:  Tanjung Priok Zaman Pak Rizal Ramli Jadi Menko Perekonomian, Pungli di Mana-mana

Pembangunan jalan tol layang dengan panjang 11,4 kilometer ini dilakukan pertama kali pada 2009. Itu artinya butuh kurang lebih delapan tahun untuk beres seluruhnya.

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pada dasarnya pembicaraan untuk membangun tol tersebut sudah dilakukan sejak 2000 dan baru bisa direalisasikan pada awal 2009.

"Jadi sekitar 17 tahun lamanya untuk bisa menyelesaikan jalan tol ini," tambahnya.

Kemudian, lamanya pembangunan jalan tol tersebut di mata Basuki terjadi karena dua faktor. Pertama, masalah pembebasan tanah yang tak kunjung usai dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi spesifikasi keamanan.

Pasalnya, Jalan Tol Akses Tanjung Priok yang diprediksi bakal dilewati truk-truk bermuatan berat membutuhkan tiang pancang dengan spesifikasi tertentu.

"Setelah berdebat hampir 2 tahun antara ahli Indonesia dengan Jepang. Akhirnya ahli Jepang minta dibongkar saja. Satu per satu dibongkar dengan biaya dari kontraktornya," ujar Basuki.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) dan tersambung dengan Jalan Tol Dalam Kota yakni di Seksi North South (NS) yang akan menghubungkan lalu lintas dari JORR ke Cawang, Pluit, serta langsung ke pelabuhan.

Kementerian PUPR rencananya juga akan segera menunjuk operator yang tepat sebagai pengelola jalan tol ini.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help