SriwijayaPost/

Tahun 2018, Tol Semarang-Solo Beroperasi Penuh

Kementerian PUPR menargetkan Jalan Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya sudah operasional pada tahun 2018. "Insyaallah trans Jawa dari Jakarta sampai Surab

Tahun 2018, Tol Semarang-Solo Beroperasi Penuh
TruckMagz
Tol Semarang-Solo. 

SRIPOKU.COM, BAWEN - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Jalan Tol Trans Jawa Jakarta-Surabaya sudah operasional pada tahun 2018.

Berita Lainnya:  Mencapai 87,5 Persen, Pembebasan Lahan Tol Semarang - Surakarta

"Insyaallah trans Jawa dari Jakarta sampai Surabaya, 2018 oprasional. Itu target saya," ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuldjono saat meninjau progres pekerjaan fisik jalan tol ruas Bawen-Salatiga, di wilayah Desa Polosiri, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/4/2017).

Target pertama yang dilakukan oleh Kementerian PUPR adalah menggenjot percepatan progres fisik jalan tol ruas Semarang-Solo sehingga tembus operasional penuh pada tahun 2018.

"Karena pembebasan lahan untuk ruas ini sudah clear 100 persen," jelasnya.

Saat ini pada ruas Bawen- Salatiga sepanjang 17,5 kilometer masih menyisakan pekerjaan yang paling berat, berupa cut and fill sepanjang 2,5 kilometer pertama.

Sekitar 250.000 meter kubik tanah masih harus digali dan dipindahkan dari Bukit Polosiri agar mencapai tingkat kelandaian sesuai standar jalan raya.

Kendala utama pekerjaan cut and fill ini adalah faktor cuaca dengan intensitas hujan masih cukup tinggi.

"Yang paling berat disni, masih akan diturunkan enam dampai 17 meter ke bawah untuk mencapai grade standar jalan raya. Total masih ada 250.000 meter kubik yang harus dipindahkan," tutur Basuki.

Saat ini kecepatan pekerjaan di lokasi ini mencapai 8.000 meter kubik per hari, dengan kondisi cuaca baik dan tidak hujan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help