SriwijayaPost/

Thai Smile, Maskapai asal Thailand Berencana Buka Rute ke Indonesia

Maskapai penerbangan asal Thailand, Thai Smile, berencana membuka rute penerbangan ke dua kota besar di Indonesia. Thai Smile merupakan sister company

Thai Smile, Maskapai asal Thailand Berencana Buka Rute ke Indonesia
Thailand Airline Timetable
Pesawat Thai Smile. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Maskapai penerbangan asal Thailand, Thai Smile, berencana membuka rute penerbangan ke dua kota besar di Indonesia. Thai Smile merupakan sister company dari Thai Airways.

Berita Lainnya:  Banyak Obyek Wisata, NTT Butuh Rute Penerbangan Internasional

Manajemen maskapai Thai Smile melihat potensi pasar di Indonesia masih relatif bagus. District Sales Manager Thai Airways, Azis Maliki, mengatakan rencana rute baru tersebut telah dijajaki oleh pihak Thai Smile.

"Thai Smile itu mau masuk ke Indonesia itu rencananya di Medan dan Surabaya. Kami sudah jajaki memang ada rencana ke Semarang, Yogyakarta, Solo, Makassar, dan kota-kota lain. Kami fokuskan di Medan dan Surabaya," kata Azis kepada KompasTravel saat ditemui di sela-sela pameran Astindo Fair, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurutnya, baik Medan dan Surabaya memiliki potensi pasar yang bagus. Untuk rencana rute penerbangan ke Medan, Azis mengaku pihak Thai Smile telah mengantongi izin dari otoritas pemerintah Indonesia.

"Untuk di Medan kami sudah dapat slot time-nya dan nomor penerbangannya tetapi di Surabaya itu belum dapat slot karena cukup penuh. Jadi, sekarang kami belum lagi fokus (buka rute) ke Medan dan Surabaya," tambahnya.

Azis menyebut rute internasional dari dari Kota Medan masih bisa bersaing dengan rute internasional lainnya. Menurutnya, rute internasional jarak pendek dari maskapai lain hingga saat ini adalah Medan-Penang, Medan-Kuala Lumpur, dan Medan-Singapura.

"Nah, kita (Thai Smile) masih bisa provide rute Medan-Bangkok. Market-nya bagus," kata Azis.

Rencananya, penerbangan Thai Smile ke dua kota tersebut akan dilayani dengan pesawat narrow body Airbus 320. Kapasitas bangku pesawat Airbus 320 berkisar 150 bangku dengan jenis kelas ekonomi.

"Target (dibuka rute baru) kita belum tahu. Kami kembalikan ke Thai Smile dan sedang digodok kapan terbang," ujar Azis.

Thai Smile adalah maskapai penerbangan yang tergabung dalam grup Thai Airways. Thai Smile merupakan maskapai dengan konsep premium low cost yang memberikan fasilitas nomor kursi dan makanan selama di pesawat.

"Thai Smile itu low cost carrier (LCC) tapi premium low-carrier. Kalau low (LCC) itu nggak ada seat number, nggak ada makanan," jelas Azis.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help