SriwijayaPost/

Patroli Karhutla Temukan Dua Titik Kobaran Api

Tim gabungan dikomandoi Kapolsek Pemulutan AKP Helmy Ardiansyah SH, menemukan dua titik api yang membakar lahan gambut, Rabu (29/3).

SRIPOKU.COM, INDERALAYA-- Tim gabungan terdiri dari unsur personil Kepolisian, Kepala Desa, Koramil setempat dan dikomandoi Kapolsek Pemulutan AKP Helmy Ardiansyah SH, menemukan dua titik api yang membakar lahan gambut, Rabu (29/3).

Dua titik api yang berhasil dipadamkan oleh tim gabungan antara lain berada di jalan lintas Desa Sungai Rambutan Inderalaya dan Desa Talang Pangeran Ulu Kecamatan Pemulutan Barat.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya lahan gambut di dua titik lokasi tersebut. Namun, api bisa dipadamkan secara berjibaku antara petugas TNI-Polri dengan menggunakan peralatan seadanya.

Kapolres OI AKBP M Arief Rifai SIk melalui Kapolsek Pemulutan AKP Helmy Ardiansyah SH di lokasi mengatakan, upaya pencegahan Karhutla, khususnya di wilayah Kecamatan Pemulutan berlangsung secara "continue" dengan melibatkan unsur TNI-Polri berjumlah 50-60 personil.

"Secara berlanjut, mereka terus melakukan kegiatan patroli pencegahan Karhutla dengan mengendarai kendaraan trail," ujar AKP Helmy Ardiansyah, Rabu (29/3).

Pencegahan Karhutla tahun ini, lebih dititik beratkan pada kegiatan patroli. Disamping giat patroli, lanjut Kapolsek, pihaknya juga memberikan himbauan-himbauan baik secara tertulis maupun secara lisan kepada Kepala Desa, maupun warga dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Berdasarkan pantauan, himbauan Karhutla juga disampaikan tim gabungan kepada pihak pekerja proyek pembangunan jalan tol Palembang-Inderalaya di Desa Simpang Pelabuhan Dalam Pemulutan untuk tidak membuka lahan proyek dengan cara dibakar.

"Karena, berdasarkan undang-undang sudah jelas pelaku pembakaran lahan, diancam pidana 15 tahun penjara. Berdasarkan instruksi Gubernur Sumsel Bapak Kapolda, Panglima, kita sedini mungkin melakukan upaya pecegahan Karhutla. Harapan kita, pada tahun ini tidak lagi terjadi Karhutla. Jelang pelaksanaan Asian Games 2018, tentu kita berupaya Sumsel zero asap," tambah Kapolsek.

Terlihat petugas melakukan penyisiran di setiap lokasi yang rawan terjadinya Karhutla salah satunya yakni di kawasan Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten OI.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help