Home »

Pali

Pilkades Serentak PALI Bakal Kondusif, Bupati Minta Warga Tetap Utamakan Persatuan

Ada 18 desa yang tersebar di lima kecamatan di wilayah Bumi Serepat Serasan yang akan mengikuti Pilkades serentak

Pilkades Serentak PALI Bakal Kondusif, Bupati Minta Warga Tetap Utamakan Persatuan
Istimewa.

PALI -- Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) segera digelar secara serentak, tepatnya pada 4 April 2017 mendatang.

Ada 18 desa yang tersebar di lima kecamatan di wilayah Bumi Serepat Serasan yang akan mengikuti Pilkades serentak. Persiapan pun telah dilaksanakan, mulai dari tes narkoba, penyeleksian bakal calon kepala desa yang desanya ada lebih dari lima calon kepala desa, sosialisasi sampai pemantauan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

"Meski tidak banyak desa yang ikuti Pilkades serentak, tetapi ini harus kita tata dan kelola dengan baik sebab Pilkades ini rentan akan gesekan dan berpengaruh besar pada Kamtibmas kita," ungkap Robby Kurniawan, Sekda PALI, saat mengikuti Rakor persiapan Pilkades serentak, Senin (27/3/2017) di aula kantor Bupati PALI.

Sekda berharap Pilkades perdana di Kabupaten PALI yang digelar secara serentak dapat berjalan aman, damai dan terpilih kepala desa yang lahir dari demokrasi.

"Kami atas nama pemerintah kabupaten PALI mengajak kerjasama semua pihak agar pelaksanaan Pilkades berjalan sebagaimana yang kita inginkan," harapnya.

Sementara itu, A.Gani Akhmad, kepala DPMD PALI, memaparkan laporannya dihadapan Sekda dan undangan lainnya mengenai perkembangan kesiapan Pilkades serentak di Kabupaten PALI.

"Di kecamatan Talang Ubi ada lima desa yang ikuti Pilkades serentak, Kecamatan Penukal ada tiga desa, Penukal Utara satu desa, Tanah Abang ada delapan desa ,dan Kecamatan Abab satu desa, dengan jumlah keseluruhan ada 18 desa. Ada 19 TPS sebab ada satu desa yang memakai dua TPS, selebihnya satu desa satu TPS," beber A.Gani.

Beberapa langkah telah dilakukan pihak DPMD PALI dalam persiapan Pilkades serentak.

"Pertama kami telah melakukan rapat koordinasi dengan camat untuk persiapan awal Pilkades, dilanjutkan pembentukan panitia Kabupaten, tes narkoba, tes psikologi bagi desa yang memiliki lebih dari lima calon dan terakhir kita telah kirim contoh surat suara ke masing-masing desa yang bakal ikut Pilkades," jelasnya.

Rakor persiapan Pilkades serentak di PALI di hadiri Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan, SIK, MPP, diwakili Kabag OPS, Kompol Zulkarnain, SIK, serta seluruh panitia Pilkades dari 18 desa yang akan mengikuti Pilkades serentak.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help