DPRD Minta Klarifikasi Adanya Wacana Penghapusan Tari Gending Sriwijaya

Kita jangan dipetak-petakan oleh agama, ras dan suku. Kita sesama masyarakat Palembang dan Sumsel harus menjaga dan melestarikan budaya kita.

DPRD Minta Klarifikasi Adanya Wacana Penghapusan Tari Gending Sriwijaya
SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH
Tari gending Sriwijaya saat dimulainya pembukaan Festival Sriwijaya XXV, Senin (18/7/2016) 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Ketua DPRD Kota Palembang, H Darmawan menyayangkan menyebaranya isu penghapusan tari Gending Sriwijaya sebagai tari budaya yang sudah lama melekat di masyarakat Sumsel pada umumnya dan Palembang pada khususnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan minta langsung klarifikasi terhadap dinas yang bersangkutan terkait wacana yang tengah berkembang.

Menurut anggota fraksi PDI Perjuangan itu, tari Gending Sriwijaya merupakan kebudayaan bukti adanya peradaban di masa lalu.

Oleh karena itu, ia sangat menyayangkan jika ada pernyataan dari dinas terkait mengenai rencana wacana penghapusan.

"Kita jangan dipetak-petakan oleh agama, ras dan suku. Kita sesama masyarakat Palembang dan Sumsel harus menjaga dan melestarikan budaya kita. Bukan malah sebaliknya," katanya, Senin (20/3/2017).

Ketua DPRD Kota Palembang, H Darmawan
Ketua DPRD Kota Palembang, H Darmawan (SRIPOKU.COM/YANDI TRIANSYAH)

Namun jika Dinas Kebudayaan ingin memperkaya budaya dengan menambah tarian baru, pihaknya menyambut baik.

Tapi, pihaknya mendorong harus ada kajian yang mendalam yang melibatkan budayawan, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya.

"Jauh sebelum adanya kita, sudah ada peradaban di Bumi Sriwijaya. Dimana ada suku, agama bersanding hidup bersamaan secara rukun dan aman. Jangan sampai isu yang menyebar ini membuat gaduh di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Teguh, membantah akan adanya rencana untuk menghapuskan tari Gending Sriwijaya.

Yang ada kata Sudirman, pihaknya akan menciptakan tari baru untuk menyambut para tamu.

Hal ini dilakukan semata-mata untuk memperkaya budaya yang ada di Kota Palembang.

"Itu tidak benar, tidak satupun kata yang keluar yang menyatakan akan memusnahkan tari Gending Sriwijaya," katanya saat melakukan konferensi pers, Minggu (19/3/2017).

Penulis: Yandi Triansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help