Wanita Harus Berani Keluar dari Perangkap Lingkar Kekerasan

Direktur Eksekutif WCC Palembang, Yeni Roslaini Izi menyampaikan rasa keprihatinannya menyikapi kasus yang menimpa Mareta Sari dan putrinya SP (2).

Wanita Harus Berani Keluar dari Perangkap Lingkar Kekerasan
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Direktur Eksekutif WCC (Woman Crisis Centre) Palembang, Yeni Roslaini Izi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Direktur Eksekutif WCC (Woman Crisis Centre) Palembang, Yeni Roslaini Izi menyampaikan rasa keprihatinannya menyikapi kasus yang menimpa Mareta Sari dan putrinya SP (2 tahun) yang mendapat perlakuan kekerasan dari suaminya Er di Blok 14 Rusun, Kamis (16/3/2017) malam.

"Hal begitu sangat memprihatinkan. Isteri bukan objek kekerasan. Isteri bukan cuma mengurus rumah tangga dan mengurus anak. Dia harus bisa keluar dari perangkap lingkar kekerasan. Dia berhak bahagia," ungkap Yeni, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, suami yang mabuk bukan menjadi alasan untuk semena-mena melakukan kekerasan terhadap isteri dan anaknya.

"Saya yakin hal kekerasan itu seringkali terjadi. Eskalasi semakin meningkat hingga membawa golok. Yang awalnya memarahi karena dibiarkan akhirnya makin meningkat. Kekerasan semacam ini dampaknya tak hanya membahayakan tak hanya terhadap isterinya," ujarnya.

Yeni mengatakan wanita terkadang terperangkap dalam lingkaran kekerasan lantaran malu untuk mengungkapkan, atau karena berusaha mempertahankan keluarga karena ekonomi takut tidak mampu membiayai hidup sendiri.

"Bisa juga wanita itu ketika menikah tidak didukung keluarga. Sehingga kalau mengadukan kekerasan yang dilakukan suaminya, takut dicemooh keluarga. Perlu ada orang yang bisa meyakinkannya. Kita WCC bisa membantu konseling. Menyadarkan dia untuk mendapatkan bahagia lepas dari kekerasan," katanya.

Menurut Yeni, untuk lepas dari kekerasan ini tidak mesti melapor ke polisi. Kalaupun ini sudah dilaporkan, WCC berharap aparat penegak hukum bisa memberi ganjaran setimpal guna memberikan efek jera.

"Pihak keluarga dan pihak lain bisa memberikan dorongan agar muncul percaya diri," pungkasnya. (Editor: Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help