Home »

Techno

» News

Internet Lemot dan Telepon Putus-putus, Apakah Salah Operator?

Apa yang ada di benak Anda ketika merasakan internet yang lambat dari operator seluler? Apa yang muncul di pikiran ketika terus mengalami drop call (p

Internet Lemot dan Telepon Putus-putus, Apakah Salah Operator?
ISTIMEWA
Ilustrasi

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Apa yang ada di benak Anda ketika merasakan internet yang lambat dari operator seluler? Apa yang muncul di pikiran ketika terus mengalami drop call (panggilan suara terputus)?

Berita Lainnya:  Tahun Depan Jaringan Internet di Sekayu akan Lemot

Sebagian besar dari Anda, mungkin bakal berpikir bahwa hal tersebut timbul dari kurang bagusnya jaringan dari operator seluler tertentu.

Dugaan tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah. Terkadang, masalah memang muncul dari kualitas jaringan yang sedang menurun.

Akan tetapi, menurut Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, terkadang masalah di atas juga datang dari modem yang tertanam di tiap smartphone.

Modem yang digunakan suatu smartphone bisa saja kurang berkualitas, sehingga kecepatan internet tidak bisa dirasakan maksimal.

"Selama ini persepsinya (masalah kecepatan dan drop call) itu dari jaringannya. Padahal, modem di dalam smartphone berperan penting untuk konektivitas ke BTS," kata Shannedy di sela-sela peluncuran paket bundling Telkomsel dengan Asus Zenfone 3 di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

"Kalau dikombinasikan dari jaringan dan modem yang bagus bisa memberikan user experience yang tinggi (kecepatan internet yang seharusnya dan tanpa drop call)," imbuhnya.

Dua tipe modem
Qualcomm sendiri merupakan salah satu pemasok besar untuk modem smartphone. Menurut Shannedy, ada dua tipe penggunaan modem Qualcomm. Pertama, modem dimasukkan ke System On Chip (SoC/chipset) Snapdragon.

Artinya, modem, CPU, GPU, dan modul-modul lainnya tergabung ke dalam sebuah sistem chipset.

"Model lainnya, chipset yang digunakan bukan Snapdragon, tetapi tetap pakai modem Qualcomm," tutur Shannedy.

Lebih lanjut, Shannedy mengklaim modem bikinan Qualcomm mendukung jaringan yang luas dan juga bisa menghindarkan pengguna dari drop call.

Di kesempatan yang sama, Qualcomm, Telkomsel, dan Asus bekerja sama dalam merilis paket bundling Zenfone 3. Total ada tiga perangkat yang dijual, yakni Zenfone 3, Zenfone 3 Max, dan Zenfone Go.

Penulis : Deliusno

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help