Terbukti, Punya Anak Perpanjang Umur di Hari Tua

Tak dipungkiri, orangtua memang kerap mengalami stres dalam proses pengasuhan anak, tapi kebahagiaan akan kehadiran anak justru dapat memperpanjang ha

Terbukti, Punya Anak Perpanjang Umur di Hari Tua
Menata hati
Orangtua memang kerap mengalami stres dalam proses pengasuhan anak, tapi kebahagiaan akan kehadiran anak justru dapat memperpanjang harapan hidup seseorang. 

SRIPOKU.COM - Tak dipungkiri, orangtua memang kerap mengalami stres dalam proses pengasuhan anak, tapi kebahagiaan akan kehadiran anak justru dapat memperpanjang harapan hidup seseorang, kata sebuah studi dalam Journal of Epidemiology & Community Health.

Berita Lainnya:  Panjang Pendeknya Umur Dipengaruhi Lingkungan Terdekat

Pria dan wanita mendapatkan manfaat yang sama, terlepas dari jenis kelamin anak mereka. Para peneliti mengatakan, bahwa anak-anak dapat membantu menjaga pikiran orangtua untuk tetap aktif dan memberikan orangtua kesempatan mendapatkan perawatan tambahan di usia tua.

Untuk menilai seberapa besar manfaat memiliki anak, peneliti menganalisis data dari 704.481 pria dan 725.290 wanita, melihat status perkawinan mereka, serta jumlah dan jenis kelamin anak-anak mereka.

Hasilnya, harapan hidup yang tersisa dari seorang pria berusia 60-tahun dengan anak adalah 20,2 tahun, dibandingkan dengan 18,4 tahun untuk pria tanpa anak. Ini berarti menjadi seorang ayah memberi tambahan harapan hidup sebanyak 1 tahun 10 bulan.

Sedangkan untuk sisa hidup wanita dengan anak sebanyak 40,6 tahun dan 23,1 tahun untuk wanita tanpa anak, dengan perbedaan sekitar 18 bulan.

Peneliti menilai, saat seseorang menua, kehadiran anak dapat membuat mereka merasa tak sendiri, mendapat dukungan, terutama bantuan perawatan. Seseorang juga lebih mungkin bergantung pada anak-anak saat pasangan meninggal dunia.

Pemimpin studi Dr Karin Modig mengatakan, "Memiliki anak dikaitkan dengan peningkatan umur panjang di usia tua. Bagi wanita, kehamilan dan menyusui dapat memengaruhi hormon yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk kanker.”

“Memiliki anak-anak juga dapat memengaruhi pilihan gaya hidup orangtua, seperti pilihan makanan sehat, menghentikan kebiasaan merokok, dan memberikan dukungan emosional dan sosial,” imbuhnya.

Penulis : Ayunda Pininta
Sumber : The Sun

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help