SriwijayaPost/

Selain Jantung dan Kanker, Ini 5 Penyakit yang Mematikan

Untuk wanita terutama yang berusia paruh baya, kanker dan penyakit jantung ada di tempat teratas pada daftar Center for Desease Control (CDC) sebagai

Selain Jantung dan Kanker, Ini 5 Penyakit yang Mematikan
ISTIMEWA
Flu juga dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang disebut pneumonia. 

SRIPOKU.COM - Untuk wanita terutama yang berusia paruh baya, kanker dan penyakit jantung ada di tempat teratas pada daftar Center for Desease Control (CDC) sebagai penyakit yang paling mematikan. Selain dua itu, masih ada beberapa penyakit lagi yang berpotensi membahayakan nyawa Anda.

Berita Lainnya:  Ini Dia 10 Penyakit yang Kerap Disepelekan tapi Mematikan Manusia Dalam 24 Jam

1. Penyakit hati kronis
Hati memiliki fungsi biologis yang sangat penting, di antaranya adalah menyaring limbah dan racun untuk membantu tubuh Anda menyerap vitamin, nutrisi, dan energi dari makanan, menurut National Institutes of Health (NIH).

Penyakit hati kronis dikenal juga dengan sebutan sirosis. Gejalanya termasuk merasa lemah atau lelah, kehilangan nafsu makan, mual, dan kembung.

Virus seperti hepatitis, kebiasaan minum alkohol dan beberapa gangguan lain seperti infeksi, bisa menyebabkan penyakit hati kronis, menurut Johns Hopkins Medicine.

"Begitu juga dengan obesitas dan beberapa jenis penyakit darah, kata Sharonne Hayes, MD, seorang profesor bidang kedokteran di Mayo Clinic.

Mengontrol berat badan, pola makan sehat, rutin berolahraga, dan membatasi asupan alkohol adalah cara yang telah terbukti efektif mencegah hati dari penyakit hati.

2. Penyakit saluran pernapasan bawah kronis
Penyakit saluran pernapasan bawah kronis sering disebut dengan nama lain yaitu PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), atau COPD (chronic obstructive pulmonary disease).

PPOK merupakan istilah umum untuk beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan paru-paru, termasuk emfisema dan bronkitis.

"Merokok dapat menyebabkan atau memperburuk kondisi PPOK," kata Hayes. Bekerja di lapangan seperti pekerjaan konstruksi, pembongkaran, dan beberapa jenis pekerjaan yang membuat Anda kerap terpapar polusi, juga merupakan faktor risiko utama PPOK.

Halaman
1234
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help