Banyak Habiskan Waktu Main Sosial Media, Benarkah Tanda Seseorang Kesepian ?

Semakin banyak waktu anak muda yang dihabiskan di media sosial, semakin besar kemungkinan mereka untuk merasa terisolasi secara sosial.

Banyak Habiskan Waktu Main Sosial Media, Benarkah Tanda Seseorang Kesepian ?
ftadviser.com
Ilustrasi sosial media. 

SRIPOKU.COM -- Facebook dan Instagram dapat membantu kamu untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman.

Tapi menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial benar-benar bisa membuat kamu merasa lebih sendirian lho.

Semakin banyak waktu anak muda yang dihabiskan di media sosial, semakin besar kemungkinan mereka untuk merasa terisolasi secara sosial, itu menurut psikolog di University of Pittsburgh.

Terlalu banyak waktu di situs seperti Twitter, Snapchat, Reddit dan Tumblr "dapat menimbulkan perasaan iri dan kepercayaan menyimpang", menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of  Preventive Medicine.

"Ada kemungkinan bahwa orang dewasa muda yang awalnya merasa terisolasi secara sosial beralih ke media sosial.”

“Atau bisa juga bahwa peningkatan penggunaan media sosial menyebabkan perasaan terisolasi dari dunia nyata" Jelas penulis senior Dr Elizabeth Miller

 Seperti yang dilansir dari telegraph.co.uk, para peneliti menemukan bahwa peserta yang menggunakan media sosial lebih dari dua jam sehari memiliki dua kali peluang untuk terisolasi secara sosial daripada teman-teman mereka yang menghabiskan kurang dari setengah jam di media sosial setiap harinya.

Penelitian, yang melibatkan 1.787 orang dewasa berusia antara 19-32, menggunakan kuesioner untuk menentukan penggunaan media sosial mereka dan diukur isolasi sosial mereka dengan menggunakan alat penilaian divalidasi.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terlalu banyak Facebook bisa membuatmu sengsara.

Hayoo, jangan kelamaan main socmed ya?

Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help