SriwijayaPost/

Akan Jadi Sirkuit Terpanjang dan Termewah di Dunia

Di Pahrump, Nevada, Amerika Serikat, sirkuit tak terawat Spring Mountain Motorsports Ranch perlahan menjadi jujukan para penggila balap. Pemiliknya, J

Akan Jadi Sirkuit Terpanjang dan Termewah di Dunia
http://otomotif.kompas.com/
Spring Mountain Motorsports Ranch bakal menjadi sirkuit terpanjang di dunia mengalahkan Nurburgring. 

Nevada – Di Pahrump, Nevada, Amerika Serikat, sirkuit tak terawat Spring Mountain Motorsports Ranch perlahan menjadi jujukan para penggila balap. Pemiliknya, John Morris, membeli lokasi itu pada 2004 saat lintasan punya panjang total 35,7 km (trek inti dan trek tambahan), dan sejak saat itu lokasi di kaki gunung itu bertransformasi menjadi kawasan resort luks.

Morris adalah pengusaha internet, ingin memulai pensiun dengan memanfaatkan uangnya untuk membangun lintasan balap. Sekarang, lokasi tersebut makin besar, dan dia berambisi untuk membuatnya berstatus sebagai sirkuit terpanjang di dunia.

Tahun lalu, Morris membayarkan sejumlah uang untuk membeli tanah 150 acre atau setara 60 hektar di sisi barat kawasan sirkuit. Kurang puas, dia bakal menyewa berhektar-hektar tanah lagi ke Biro Pengelolaan Tanah AS.

Jika semua tercapai, lokasi tersebut bakal punya total luas 900 acres atau 364 hektar, lebih dari cukup untuk memanjangkan lagi sirkuit yang sudah ada.

Saat ini, status sirkuit terpanjang di dunia masih dipegang Nurburgring dengan panjang lintasan 21 km. Jika sudah dibangun, Spring Mountain Motorsports Ranch bakal punya lintasan inti sekitar 24 km.

Setelah hal itu terlaksana, Morris akan membangun semacam kota kecil dengan rumah-rumah dan resort mewah yang mengitari sirkuit. Termasuk di dalamnya ada hotel, restoran, theater, cucian mobil, kedai kopi, bahkan tempat pengolahan air.

Itu pun belum termasuk yang sudah ada saat ini, semacam danau buatan yang bisa buat ”bermain air”. Sudah ada juga lapangan tembak dan area untuk mendaratkan jet pribadi yang bisa dipakai untuk balap drag.

Saat ini, area sirkuit tersebut sudah dipakai untuk sekolah mengemudi Corvette. Cadillac juga sudah memanfaatkannya sebagai akademi balap.

Dari data Bloomberg, member harus membayar 45.000 dollar AS (Rp 600 jutaan) untuk jadi anggota, serta harus membayar iuran tahunan 5.000 dollar AS (Rp 66,7 jutaan).

Penulis : Donny Apriliananda
Sumber : Bloomberg, Motorcycle

Editor: Bedjo
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help