Siapkan 3 Tim Elite, Sumsel Gelar Seleksi U-16, U-19 dan Tim Sepakbola Wanita

Sebab setelah di atas usia 21 mereka akan kemana, maka tidak ada pilihan lain selainmereka harus bersaing di tingkat senior dan profesional.

Siapkan 3 Tim Elite, Sumsel Gelar Seleksi U-16, U-19 dan Tim Sepakbola Wanita
SRIPOKU.COM/HENDRA KUSUMA
Ketua Asprov PSSI Sumsel, Musni Wijaya saat memberikan arahan kepada peserta seleksi 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-Asprov PSSI Sumsel menggelar seleksi untuk skuad U-16, U-19 dan Sepakbola Wanita. Ketiga program ini dalam proses seleksi untuk membentuk tim elite atau andalan sebagai bagian dari pilot project pembinan pemain.

Khusus untuk Timna U-16 dan U-19 akan dipersiapkan untuk skuad andalan PON 2020 mendatang, dan juga proyeksi pemain pilar Sriwijaya FC U-19 dan U-21.

"Mereka akan kita bina secara khusus melalui pendidikan dan pelatihan, kami juga mempersiapkan tim pelapis untuk SFC U-19 dan U-21. Selain itu, kita persiapkan untuk PON 2020, nantinya untuk tujuan jangka panjang, mereka kita siapkan untuk menjadi pemain pilar Sriwijaya FC di masa mendatang," ujar Ketua Asprov PSSI Sumsel, H Musni Wijaya.

Menurut Musni, yang didampingi Ketua Tim Seleksi Masud Dairah, kemudian anggota seleksi Kewoy, Tarwo, Bambang Supriyanto, dan Reza, bahwa selain Sumsel memiliki program sendiri membentuk tim khusus untuk tingkatan U-16 dan 19, program ini juga sejalan dengan PSSI pusat, karena sesuai dengan arahan bahwa, setiap provinsi diminta menggelar seleksi dan membentuk Tim U-16 dan U-19, dan ada pemain yang dikirim untuk mengikuti seleksi untuk Timnas U-16 dan U-19.

"Tujuan untuk membentuk tim terbaik di level U-16, U-19 sebagai jenjang pembinaan mempersiapkan pemain berbakat untuk Sumsel, terutama untuk tim PON 2020.

Sementara arahan dari PSSI Pusat, akan ada Kejuaraan Piala Dunia U-16 dan Piala Dunia U-19, serta tim sepakbola wanita untuk persiapan beberapa event ternamen terutama untuk tes event Asian Games, mengingat cabor sepakbola wanita akan digelar di Palembang," ujarnya.

Ditambahkan Ketua Pelaksana Seleksi Masud Dairan bahwa, ini merupakan Pra Seleksi Timnas U-19, Minggu (26) Februari 2017, 29 peserta dari Palembang, Banyuasin, OKU Timur,

Muaraenim, Musi Rawasw, OKI dan OI, terplih 20 orang. Sementara itu, Timnas U-16 Minggu 5 Maret 2017, seleksi 60 orang, 16 kabupaten kota diambil 11 orang pemain utama dan 4

cadangan. Seleksi untuk Timnas sepakbola wanita, 5 Maret ada seleksi 80 orang yang akan diambil 24 orang.
"Khusus untuk U-19 sudah terpilih 20 pemain yang akan menjalani Tes Regional Jambi, Lampung dan Bengkulu yang langsung dipimpin Indra Sjafri dan Palembang sebagai tuan rumah, yang akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Sementara itu, untuk U-16 akan diberangkatkan ke Jakarta atau Medan, untuk mengikuti seleksi tingkat Regional Sumatera, seleksi tingkat Regional akan dipimpin Pelatih U-16 Fachry Husaini," ujarnya.

Musni menambahkan, Khusus untuk Tim Sepakbola Wanita akan digelar banyak event, seperti Desember mendatang ada Sepakbola Pertiwi yang diusulkan sebagai kalender sekaligus tes even Asian Games yang akan direncakan awal Desember.

Halaman
12
Penulis: Hendra Kusuma
Editor: Hendra Kusuma
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved