SriwijayaPost/

Tagana Siaga di Posko, S‎ewaktu Diperlukan Siap Diterjunkan

Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat debit air Sungai Rawas yang membelah Kabupaten Muratara mulai naik.

Tagana Siaga di Posko, S‎ewaktu Diperlukan Siap Diterjunkan
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Kadinsos Muratara, Zainal Arifin Daud. 

SRIPOKU.COM, MURATARA -- ‎Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat debit air Sungai Rawas yang membelah Kabupaten Muratara dan anak-anak sungai kecil lainnya mulai naik. Dampaknya, beberapa desa di Kecamatan Karangdapo dan Kecamatan Rawasilir kini mulai dilanda banjir, terutama diwilayah dataran rendah.‎

"Dari pantauan kita memang sudah ada wilayah yang banjir, seperti di Sungai Itam arah trans Kecamatan Karangdapo. Kemudian di Desa Mandiangin dan Desa BM 1 Kecamatan Rawasilir," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Muratara, Zainal Arifin Daud, kepada Sripoku.com, Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, banjir di Kabupaten Muratara bersifat musiman. Hampir setiap tahun terjadi banjir, dengan skala yang bervariasi. Sebab, sebagian besar pemukiman masyarakat berada di daerah aliran sungai (DAS) yaitu Sungai Rawas, Sungai Rupit dan anak-anak sungai kecil lainnya.

"Untuk banjir saat ini, relatif masih belum mengganggu aktifitas masyarakat, karena ketinggian air belum terlalu tinggi. Yah, kita lihat dalam beberapa hari kedepan, kalau curah hujan masih tinggi, kemungkinan debit air sungai makin naik," ujarnya.

"Patokannya di Tanjung Harapan dekat jembatan lama Kecamatan Rupit. Kalau wilayah itu sudah terendam, berarti dihilir kearah Karangdapo dan Rawasilir terendam semua. Anggota Tagana di posko terus memantau, sewaktu-waktu diperlukan, siap," sambungnya.‎

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help