SriwijayaPost/

Bupati Musi Rawas Utara Sharing Bersama Menkeu Sri Mulyani

Materi sosialisasi yang diberikan mencakup kebijakan tantangan transfer daerah dan dana desa 2017.

Bupati Musi Rawas Utara Sharing Bersama Menkeu Sri Mulyani
IST
Bupati Muratara, Syarif Hidayat, saat mengikuti sosialisasi kebijakan pengelolaan transfer ke daerah (TKDD) 2017 sekaligus sharing knowledge keberhasilan kepala daerah di Indonesia yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, di Jakarta, Kamis, (2/3/2017). 

SRIPOKU.COM, JAKARTA -- Bupati Musirawas Utara (Muratara), Syarif Hidayat, mengikuti sosialisasi kebijakan pengelolaan transfer ke daerah (TKDD) 2017 sekaligus sharing knowledge keberhasilan kepala daerah di Indonesia yang disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Kamis, (2/3/2017).

“Kegiatan ini penting, jadi pak bupati menjadwalkan kegiatan ini dengan tujuan untuk mengkomunikasikan tata cara pengalokasian, penyaluran, penggunaan, dan pelaporan," ujar Kabag Humas dan Protokol Pemkab Muratara, Aan Andrian, melalui Kasubag Protokol Harlan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan.

Dikatakan, komunikasi diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Sehingga dapat meningkatkan pelayanan dasar publik, ekonomi, dan kesejahteraan
masyarakat.

"Kegiatan ini diikuti dalam rangka pembelajaran bagi daerah atas keberhasilan daerah dalam mengelola keuangan dan pembangunan daerah," ucapnya.

peserta kegiatan sosialisasi ini adalah gubernur, bupati, dan walikota, serta kepala biro, badan, dan dinas pengelola keuangan daerah dan kepala badan atau dinas pemberdayaan masyarakat desa dari 214 daerah.

Materi sosialisasi yang diberikan mencakup kebijakan tantangan transfer daerah dan dana desa 2017, pengelolaan perbendaharaan negara dan kesiapan penyaluran dana alokasi khusus (DAK) fisik dan dana desa, peranan daerah dalam optimalisasi penghimpunan pajak, serta tata cara pengalokasian, penggunaan, penyaluran dan pelaporan transfer ke daerah dan dana desa serta pinjaman dan hibah daerah.

“Insya Allah sharing ini nanti akan disampaikan pak bupati bersama Kepala SKPD sehingga dapat diimplemantasikan di daerah kita,” pungkasnya.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help