Pemkab Muratara Sambut Baik Kedatangan Komnas HAM

Rombongan Komnas HAM diterima Wakil Bupati Muratara, Devi Suhartoni, Sekda, Abdullah Matcik, Asisten 1, Syafruddin dan Kepala SKPD.

Pemkab Muratara Sambut Baik Kedatangan Komnas HAM
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Wakil Bupati Muratara, Devi Suhartoni, menerima komisioner Komnas HAM yang datang ke Kabupaten Muratara, Rabu (1/3/2017). 

SRIPOKU.COM, MURATARA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musirawas Utara (Muratara) menyambut baik kedatangan Komnas HAM di Kabupaten Muratara, Rabu (1/3/2017).

Rombongan Komnas HAM diterima Wakil Bupati Muratara, Devi Suhartoni, Sekda, Abdullah Matcik, Asisten 1, Syafruddin dan Kepala SKPD. Kehadiran Komnas HAM ke Kabupaten Muratara terkait persoalan lahan antara Suku Anak Dalam (SAD) Desa Tebingtinggi Kecamatan Nibung dengan PT Lonsum.

Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, mengapresiasi langkah-langkah yang diambil Pemkab Muratara untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Demikian pula pihak perusahaan yang cukup koperatif dan masyarakat yang juga proaktif terhadap permasalahan yang ada.

"Pada dasarnya sama-sama ingin jalan keluarnya, kita siap memfasilitasi hal tersebut," ungkap Maneger Nasution.

Dikatakan, Komnas HAM datang berdasarkan laporan warga Desa Tebingtinggi, Kecamatan Nibung, yang meminta difasilitasi penyelesaian persoalan dengan perusahaan.

Sementara itu, Wakil Bupati Muratara, Devi Suhartoni mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Terkait masalah rasa aman, pihaknya telah menghubungi kades maupun sekdes untuk menelusuri hal tersebut. Dan ia meminta diselesaikan secara cepat dan tepat sehingga menciptakan kondisi yang kondusif.

Terkait permasalahan lahan plasma, pihaknya mengharapkan kepada masyarakat, agar dalam menuntut hak, jangan melakukan pelanggaran dan melabrak aturan hukum yang ada. Menurutnya, pemerintah daerah tidak memihak kepada siapa pun. Namun, tetap berpegang pada aturan dan prosedur yang berlaku.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help