SriwijayaPost/

Bakteri Super Bersarang di Tempat Ini

Bakteri kebal obat alias super bug kebanyakan memang ditemukan di rumah sakit akibat kurang terjaganya standar terapi. Para ahli mengungkap di mana ba

Bakteri Super Bersarang di Tempat Ini
plumbing
Ilustrasi, Wastafel. 

SRIPOKU.COM - Bakteri kebal obat alias super bug kebanyakan memang ditemukan di rumah sakit akibat kurang terjaganya standar terapi. Para ahli mengungkap di mana bakteri ini biasa bersembunyi.

Berita Lainnya:  Solusi Praktis Wastafel Mampat

Bakteri yang kebal obat ternyata bisa bersembunyi di pipa wastafel rumah sakit. Bahkan, bakteri berbahaya ini juga bisa mencari cara untuk keluar dan mencapai pasien.

"Kondisi basah, lembap, dan terlindungi membuat pipa saluran menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak," tulis peneliti di jurnal Applied and Environmental Microbiology.

Selain itu, beberapa laporan studi juga menemukan kaitan genetik antara patogen di pipa rumah sakit dan patogen pada pasien. Dengan kata lain, bakteri yang sama ditemukan pada pipa saluran dan tubuh pasien yang terinfeksi.

Sayangnya, para ilmuwan belum mengetahui bagaimana bakteri di pipa ini dapat berakhir menginfeksi pasien karena pasien biasanya tak melakukan kontak langsung dengan bagian dalam pipa.

Sumber : The Huffington Post,

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help