Pembina dan Anggota Prasmanta Ikuti Pelatihan Orienteering

6 orang anggota Prasmanta belum lama ini mengikuti Pelatihan Orienteering di SMA Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS).

Pembina dan Anggota Prasmanta Ikuti Pelatihan Orienteering
Dok. SMANTA Palembang

PEMBINA Pramuka SMAN 3 (Prasmanta) Palembang, Drs.Aklani, dan 6 orang anggota Prasmanta belum lama ini mengikuti Pelatihan Orienteering di SMA Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS), dari 28 February hingga 2 Maret 2017.

Subekti S.T, M.Si, selaku Wakatopdam II/Sriwijaya selaku pemateri pada pelatihan. menjelaskan "Orienteering artinya melintasi medan yang tidak dikenali dengan dibantu peta dan kompas".

"Orienteering juga merupakan salah satu cabang olahraga outdoor yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas dalam melakukan perjalanan dari satu titik ke titik yang lain pada alam terbuka, dengan secepat-secepatnya," jelasnya.

Suwandi, dari Topdam II / Sriwijaya, menjelaskan "Peta Orienteering merupakan sebuah jenis peta topografi tetapi bukan peta topografi standar melainkan sebuah peta topografi khusus untuk olahraga ini. Peta Orienteeng sangat terperinci atau detail menggambar permukaan bumi sehingga dapat digunakan untuk bernavigasi sambil berlari dengan kecepatan tinggi,".

Aklani, selaku pembina Prasmanta dan guru SMA Negeri 3 Unggulan Palembang mengatakan "Orienteering ini kegiatannya outdoor seperti di pramuka antara lain penjelajahan, hiking, dan aral rintang. Tapi ini lebih khusus membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas dalam melakukan perjalanan."

Salah satu peserta pelatihan dari Prasmanta, RA. Fierdhalita, mengatakan" Pelatihan Orienteering ini merupakan hal baru dan menyenangkan, meskipun ini adalah hari pertama dimana kegiatan kami baru sampai pada penyampaian materi secara teori, tetapi kami masih memiliki dua hari dimana akan ada simulasi dan praktek lapangan Orienteering itu sendiri." (NZR)

-------

Pengirim : Nizarwati adalah Guru dan Pembina Pramuka SMA Negeri 3 Unggulan Palembang.

Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help