Mengejutkan, Ini Manfaat Berciuman untuk Kesehatan

Apakah ada sesuatu yang lebih manis daripada berciuman dengan orang yang Anda cintai? Selama berabad-abad, ciuman menjadi salah satu cara untuk mengun

Mengejutkan, Ini Manfaat Berciuman untuk Kesehatan
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM - Apakah ada sesuatu yang lebih manis daripada berciuman dengan orang yang Anda cintai? Selama berabad-abad, ciuman menjadi salah satu cara untuk mengungkapkan cinta.

Berita Lainnya:  Selain Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Ciuman Juga Bisa Bakar Kalori

Tapi berciuman bukan hanya baik untuk menunjukkan rasa cinta, melainkan juga baik untuk kesehatan. Ya, ada banyak manfaat sehat dari aktivitas berciuman, yang mungkin tak Anda duga sebelumnya.

1. Mengurangi gejala alergi
Mata gatal dan hidung tersumbat di musim alergi ini? Sebelum membeli obat di apotik, Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2006 dalam Journal of Psychosomatic menyebutkan, berciuman bibir dengan pasangan selama 30 menit dapat mengurangi gejala alergi pada orang dengan eksim atopik dan alergi musiman skala ringan.

2. Meningkatkan daya tahan terhadap rasa sakit
Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 dalam Pharmaceutical Design, menunjukkan bahwa oksitosin (hormon kasih sayang), yang dilepaskan ketika Anda mencium dan memeluk pasangan Anda, dapat mengurangi rasa sakit kronis.

Para peneliti mencatat bahwa oksitosin memiliki sifat analgesik (penghilang rasa sakit), serta kemampuan untuk mengurangi kecemasan dan depresi, yang sering dialami oleh penderita sakit kronis.

3. Menurunkan kadar stres
Berciuman dengan pasangan juga telah terbukti menurunkan tingkat hormon kortisol, atau hormon yang terkait dengan stres.

4. Menjaga mulut tetap bersih
Bukan berarti berciuman bisa menjadi pengganti kewajiban menyikat gigi, tapi menurut beberapa ahli, berciuman dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

"Berciuman merangsang produksi air liur yang berfungsi membersihkan bakteri berbahaya dari gigi dan menurunkan risiko penumpukan plak," jelas Joshua Perlman, DMD, seorang dokter gigi di New York City. Berkurangnya risiko penumpukan plak berarti risiko gigi berlubang juga lebih sedikit.

5. Membantu memilih pasangan
Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2007 dalam Psikologi Evolusioner menunjukkan bahwa berciuman dapat membantu Anda menilai pasangan.

Ketika Anda mencium seseorang, Anda bertukar informasi terkait dengan kompleks major histocompatibility (MHC).

MHC adalah kumpulan gen yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Tujuannya adalah untuk menemukan pasangan yang memiliki sistem kekebalan tubuh berbeda dari Anda (untuk meningkatkan kesempatan anak Anda untuk bertahan hidup), dan ciuman dapat menjadi indikator yang baik apakah garis darah Anda terlalu mirip dengan dia atau tidak.

6. Menyalakan lagi kehidupan seks yang terhenti
Jika kehidupan seks Anda terasa dingin, berpegangan tangan dan berciuman dapat menghangatkannya kembali, kata Ellen Barnard, seorang konsultan seks di Madison, Wisconsin.

Sumber : Everyday Health

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help