SriwijayaPost/

Kebiasaan Turis Indonesia, "Booking" Mepet Waktu Liburan

Banyak wisatawan yang suka membuat itinerary dan booking jauh-jauh hari sebelum liburan. Namun rupanya, mayoritas turis Indonesia lebih suka booking h

Kebiasaan Turis Indonesia,
owambe.com
Beli Tiket. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Banyak wisatawan yang suka membuat itinerary dan booking jauh-jauh hari sebelum liburan. Namun rupanya, mayoritas turis Indonesia lebih suka booking hotel dan tiket pesawat mepet waktu liburan.

Berita Lainnya:  Antrean Tiket Final Piala AFF 2016 Sudah Penuhi Jembatan Penyeberangan

Hal tersebut berdasarkan data dari Online Travel Agent (OTA) Pegipegi. Dalam rilis yang diterima KompasTravel, Jumat (24/2/2017), orang Indonesia ternyata memiliki kebiasaan untuk memesan kamar hotel dan tiket pesawat dalam waktu mepet.

Pada 2016, hanya ada 4,08 persen pengguna Pegipegi yang melakukan booking tiket pesawat 1-3 bulan sebelum keberangkatan.

Hanya 46,24 persen pengguna yang memesan tiket pesawat satu bulan sebelumnya. Kemudian, pemesanan dua minggu sebelum keberangkatan dilakukan oleh 16,08 persen pengguna Pegipegi. Justru pada tiga hari sebelum atau saat hari H jumlah pemesan tiket pesawat mencapai 72,76 persen.

Tak berbeda jauh dengan pemesanan tiket pesawat, pemesanan kamar hotel oleh pengguna Pegipegi pada 2016 juga menunjukkan hal yang sama. Pada periode 1-3 bulan sebelumnya, pemesanan kamar hotel hanya dilakukan oleh 8,38 persen pengguna.

Hanya ada 11,5 persen pengguna yang melakukan pemesanan kamar hotel satu bulan sebelum keberangkatan, dan 30,17 persen memesan kamar hotel dua minggu sebelum keberangkatan. Mayoritas pengguna memesan kamar hotel jelang tiga hingga hari H waktu check in dengan prosentase 47,93 persen.

"Kami melihat kecenderungan masyarakat yang lebih suka booking dadakan. Sayangnya dengan cara dadakan ini mereka justru tidak bisa mendapatkan best deal. Jika Anda berharap harga hotel dan tiket pesawat lebih murah, sebaiknya memang tidak memesan dadakan. Pesanlah jauh-jauh hari, paling tidak dua minggu sebelum keberangkatan,” kata Deputy CEO Pegipegi, Ryan Kartawidjaja sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Jumat (24/2/2017).

Memanfaatkan promo dan memesan jauh hari sebelum keberangkatan liburan menurut Ryan adalah alternatif mendapatkan penawaran harga yang lebih murah.

"Dari sekarang Pegipegi sudah memberikan penawaran terbaik untuk mempermudah masyarakat mempersiapkan perjalanan di long weekend pada bulan Maret, April, dan Mei nanti. Jadi pesannya dari sekarang, berangkatnya bisa nanti,” kata Ryan.

Promo Festival Long Weekend diselenggarakan oleh Pegipegi dengan penawaran spesial dengan total diskon hingga Rp 400.000 untuk booking hotel dan tiket pesawat. Promo ini hanya berlaku bagi pengguna kartu kredit BNI MasterCard dengan pemesanan pada periode 24-28 Februari 2017. Promo ini diselenggarakan untuk menyambut long weekend di bulan Maret, April, dan Mei 2017.

Penulis : Silvita Agmasari

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help