Home »

Video

NEWS VIDEO SRIPO

Misteri Naskah Kuno Desa Lingge Jadi Perburuan

Desa yang dulunya bagian dari Kabupaten Lahat, kemudian menjadi bagian Kabupaten Empatlawang saat pemekaran wilayah,menyimpan beragam benda kuno.

SRIPOKU.COM, EMPATLAWANG -- Desa Lingge, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empatlawang, ternyata sarat dengan sejarah yang panjang.

Desa yang berada di tepi Sungai Musi Empatlawang ini sudah ada sejak zaman kesultanan di Palembang hingga penjajahan Belanda.

Di desa yang dulunya bagian dari Kabupaten Lahat, kemudian menjadi bagian Kabupaten Empatlawang saat pemekaran wilayah, tersimpan beragam benda kuno.

Salah satunya naskah kuno bertuliskan aksara ulu atau aksara rencong (aksara Ka Ga Nga).

Naskah kuno tersebut disimpan dan dijaga secara turun temurun. Kini Komar (94), dipercaya sebagai juru kunci benda yang terbuat dari lembaran kulit kayu atau disebut kaghas.

Namun naskah tersebut kini hanya bisa dikenang Komar, karena setelah dipinjam seorang yang masih keluarga angkatnya yang tinggal di Kecamatan Pendopo setahun lalu, naskah tersebut hingga kini belum dikembalikan. Ia pun tidak tahu apakah naskah kuno itu masih disimpan atau sudah hilang.

Saat Sripo mengunjungi rumah Komar di Desa Lingge Kecamatan Pendopobarat, kondisi Komar sudah tua menderita rematik.

Kondisi itu menyebabkan sehari-harinya ia banyak berbaring di tempat tidur saja. Untuk duduk dan berjalan ia masih bisa dan masih bisa diajak bicara.

Saat Sripo bertanya soal naskah kuno itu, Komar tampak berusaha mengingat kembali walaupun harus dibantu anak perempuanya Yuniar.

Selain itu Kepala Desa Lingge Jon Mailani, atau kerap dipanggil Yunus ikut membantu berbicara kepada Komar.

Halaman
1234
Penulis: Awijaya
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help