SriwijayaPost/

Sirup Kawista - "Yopia", Aneka Oleh-oleh Wajib dari Lasem

Jalan-jalan ke satu tempat rasanya tak lengkap tanpa membawa buah tangan. Makanan atau minuman ringan dari tempat wisata yang dikunjungi bisa jadi pil

Sirup Kawista -
panturawisata.blogspot.com
sirup buah kawista. 

SRIPOKU.COM , LASEM — Jalan-jalan ke satu tempat rasanya tak lengkap tanpa membawa buah tangan. Makanan atau minuman ringan dari tempat wisata yang dikunjungi bisa jadi pilihan untuk dibawa.

Berita Lainnya:  Terancam, Tol Bangil-Rembang Tak Bisa Difungsikan

Dari pesisir utara Jawa, tepatnya di Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ada beberapa oleh-oleh yang wajib dibeli. Dari kacang hingga minuman buah kawista, semua bisa Anda bungkus untuk dibawa pulang.

Salah satu gerai yang menjual oleh-oleh khas Lasem adalah Toko Purnama. Pemilik Toko Purnama, Yucca, mengatakan bahwa makanan ringan yang bisa dibeli di Lasem adalah kacang atom, kacang entis, emping jagung, dan yopia.

Kacang entis terbuat dari kacang tolo yang bercita rasa asin. Kacang entis diolah bersama garam, bawang putih, dan bumbu penyedap.

"Memang yang khas kacang atom, kacang entis, emping jagung, dan yopia," kata Yucca kepada KompasTravel di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Makanan ringan lain yang bisa dinikmati adalah yopia. Kue kering itu berkulit tipis, di dalamnya terdapat lapisan gula merah.

Untuk minuman, ada yang tak boleh terlupakan dari Lasem, yakni sirup olahan buah kawista. Umumnya minuman dari bahan buah kawista itu bermerek Sirup Kawista Cap Dewa Burung. Kemasan minuman kawista adalah botol plastik.

Kacang atom dengan kemasan 250 gram dijual dengan harga Rp 15.500, sedangkan kacang entis kemasan 500 gram dijual Rp 25.500. Adapun kue kering yopia dijual seharga Rp 18.500.

Minuman kawista limun dijual Rp 6.500 per botol, dan sirup kawista Rp 54.000 isi dua botol.

Yucca mengatakan, oleh-oleh khas Lasem bisa ditemukan di sekitar Alun-Alun Lasem. Selain itu, oleh-oleh juga bisa ditemukan di Jalan Jatirogo.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help