Pilkada Empatlawang 2018, Noto Bakal Berpasangan dengan Hariyadi

Selaku kader Partai Golkar, Noto mengaku sudah mendapat izin dari Partai Golkar untuk diusung Partai Gerindra dalam pencalonan Cawabup Empatlawang.

Pilkada Empatlawang 2018, Noto Bakal Berpasangan dengan Hariyadi
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Bakal Calon Bupati Empatlawang, H. Yulizar Dinoto, SH, menunjukkan salah satu berkas dukungan KTP jika nantinya menempuh jalur independen. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Bakal Calon Bupati Empatlawang, H. Yulizar Dinoto, SH, berkemungkinan dirinya berpasangan dengan Hariyadi untuk maju pada Pilkada Empatlawang 2018.

"Saya siap maju Cabup dari jalur indepen. Tidak menutup kemungkinan diusung Partai Gerindra yang sekarang ini mengusung saya maju pada Pemilihan Cawabup Empatlawang untuk periode masa sisa waktu. Pada prinsipnya saya siap untuk mendampingi saudara H. Syahril Hanafiah di sisa waktu 2013-2018. Siap mendukung lahir dan batin dan melaksanakan program yang digariskan Bupati sekarang," ungkap Yulizar Dinoto, Jumat (17/2/2017).

Diprediksi, Noto bakal berpasangan dengan Hariyadi (Ketua DPC Partai Gerindra Empatlawang) yang juga anggota dewan serta tokoh masyarakat Kecamatan Saling. Mantan Pj Bupati Ogan ilir ini pun mengaku sudah ada pembicaraan terkait hal ini.

Selaku kader Partai Golkar, Noto mengaku sudah mendapat izin dari Partai Golkar untuk diusung Partai Gerindra dalam  pencalonan Cawabup Empatlawang.

"Saya siap membangun tanah kelahiran. Yang penting sejuk. Berharap tidak ribut, tidak curang, aparat netral. Soal siapa bakal calon pendamping saya pada Pilkada 2018 tentu ada kriteria khusus. Berpotensi dari Parpol, dari jalur pemerintah, swasta. Yang pasti memiliki kredibilitas menambah suara dan bisa bekerjasama. Sudah 15 ribu lebih KTP terkumpul tersebar di 7 kecamatan. Talangpadang, Ulu Musi, Pendopo Barat, Pendopo, Muarapinang, Lintang kanan, Sikap Dalam. Insya Allah Maret ini tercapai 20 ribu. Di luar Saling, Tebingtinggi, Pasemah Air Keruh (Paiker)," kata Noto yang juga mantan Wabup Lahat.

Seperti diketahui Bupati Empatlawang, H .Syahril Hanafiah, telah mengantongi tiga nama. Dua nama yang diajukan dari Partai Golkar yaki H. Fauzi dan Hj. Mulyanah. Sedangkan satu nama dari Partai Gerindra yakni H. Yulizar Dinoto, SH.

Sementara Karo Pemerintahan dan Otda Setda Pemprov Sumsel, Drs. H. Amsin Djauhari mengatakan, Gubernur Sumsel, Ir. H. Alex Noerdin, SH, telah memberikan surat himbauan kepada Bupati Empatlawang agar mengusulkan nama Wakil Bupatinya guna memaksimalkan jalannya roda pemerintahan.

"Beliau (Bupati) harus mempertimbangkan untuk segera mencari pendamping (Wakil Bupati). Kita menghimbau Bupati Empatlawang agar mengusulkan Wakil Bupati sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kita semua berharap roda pemerintahan dan pembangunan bisa kembali kondusif," kata Amsin.

Amsin melihat permasalahan-permasalahan kabupaten Empatlawang perlu ditangani oleh Wakil Bupati yang sejalan dengan Bupati.

"Perlu adanya kesinergian antara wakil (Bupati) nya yang akan dipilih kelak, agar sejalan membenahi permasalahan di Kabupaten Empat lawang," kata Amsin

Meski demikian, Amsin mengatakan surat yang dilayangkan ini sifatnya hanya himbauan. Sehingga konsekuensinya jika tidak dilaksanakan juga tidak apa-apa.

"Berdasarkan UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, pasal 176 ayat 4 yang mengatur tentang pengisian Wagub, Wawako, Wabup, tidak ada batasan waktu untuk mengajukan kekosongan jabatan Wabup. Kalau dulu aturannya sisa jabatan 18 bulan bisa diisi. Sekarang ini berdasarkan 18 bulan kosongnya jabatan itu. Terhitung kekosongan pelantikan Pak Syahril Hanafiah itu 10 Januari 2017," kata Amsin.

Tinggal lagi DPRD membentuk Pansus dan Tatib pemilihan Cawabup Empatlawang, Partai pengusung dan pendukung nama ke Bupati. Selanjutnya Bupati menyampaikan dua nama dan mengajukan ke DPRD Empatlawang untuk dipilih melalui Paripurna. Hasilnya disampaikan ke Mendagri melalui gubernur.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help