SriwijayaPost/
Home »

Bisnis

» Makro

Dimulai, Pendaftaran Angkutan Motor Pemudik Gratis

Kemenhub kembali menyelenggarakan pengangkutan motor gratis (motis) bagi para pemudik pada Lebaran tahun 2017. Kali ini, Kemenhub sediakan kereta api

Dimulai, Pendaftaran Angkutan Motor Pemudik Gratis
industri.bisnis.com
Ilustrasi. Angkutan Motor mudik. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan pengangkutan motor gratis (motis) bagi para pemudik pada Lebaran tahun 2017. Kali ini, Kemenhub sediakan kereta api untuk mengangkut motor para pemudik secara gratis.

Berita Lainnya:  Ada Angkutan Gratis 25 Ribu bagi Pemudik Sepeda Motor

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, pada tahun ini Kemenhub hanya menyediakan angkutan motor gratis melalui kereta api. Artinya, pengangkutan motor gratis melalui jalur darat dan laut tidak diselenggarakan lagi.

"Pada 2017 ini, penyelenggaraan motis hanya dengan menggunakan moda transportasi kereta api” ujar Prasetyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Adapun pendaftaran motis tahun 2017 dengan menggunakan moda transportasi kereta api ini dibagi menjadi dua cara. Pertama, pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 sampai dengan 14 Juni 2017.

Kedua, pendaftaran langsung motor pada stasiun ditunjuk yang dilaksanakan pada tanggal 16 Februari sampai dengan16 April 2017. Pada tahapan ini, para peserta motis 2017 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang, baik itu KA Ekonomi PSO maupun KA Ekonomi Non PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 penjualan KA Tambahan.

Pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket pada stasiun ditunjuk dilaksanakan pada tanggal 17 April sampai dengan 5 Juli 2017.

Sementara, pendaftaran langsung motor untuk arus balik pada stasiun persinggahan KA motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada tanggal 16 Mei sampai dengan 5 Juli 2017.

Prasetyo menuturkan, angkutan motor gratis tahun 2017 ini, terbagi atas tiga lintas pelayanan, antara lain:

Lintas Utara : Stasiun Jakarta Gudang - Stasiun Cikarang - Stasiun Cirebon Prujakan - Stasiun Tegal - Stasiun Pekalongan - Stasiun Semarang Tawang - Stasiun Ngrombo - Stasiun Cepu - Stasiun Bojonegoro - Stasiun Babat - Stasiun Surabaya Pasarturi.

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help