SriwijayaPost/

Bandar Narkoba Ini Menerima Gadaian STNK dan BPKB Dengan Sabu

Untuk melancarkan bisnisnya demi meraup untung yang banyak, Abdul Manan (41) yang merupakan seorang bandar narkoba

Bandar Narkoba Ini Menerima Gadaian STNK dan BPKB Dengan Sabu
SRIPOKU.COM/SUGIH MULYONO
Tersangka Abdul Manan (kiri) dan Eko Priono (kanan) saat diamankan beserta barang bukti di Polda Sumsel, Jumat (17/2/2017). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Untuk melancarkan bisnisnya demi meraup untung yang banyak, Abdul Manan (41) yang merupakan seorang bandar narkoba yang sering beroperasi di wilayah Kabupaten Muaraenim, menerima gadaian BPKB/STNK kendaraan bermotor dengan narkoba, Jumat (17/2/2017).

Bagi yang tak memiliki uang, bisa mendapatkan barang haram tersebut dengan cara gadaikan barang beharga.  setidaknya warga Desa Lubuk Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muaraenim itu, telah mampu menerima gadaian sebanyak 25 BPKB yang terdiri dari 24 BPKB motor dan 1 mobil serta 18 STNK yang terdiri dari 13 STNK motor dan 5 mobil dari para pembeli narkoba berupa sabu dan ekstasi.

Namun, kini usahanya tersebut harus terhenti setelah ia diamankan Subdit lll/Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumsel. Abdul Manan diamankan bersama seorang pembeli sabu, Eko Priono (43) yang dilakukan di pinggir jalan tidak jauh dari rumah Abdul Manan, Rabu (15/2/2017) sekitar pukul 14.45.

Dari penangkapan terhadap Abdul Manan, berhasil didapati barang bukti berupa 3 paket sabu seharga Rp 8 juta per paket, 73 paket sabu seharga Rp 200 ribu per paket, 82 butir pil ekstasi warna merah merek mahkota, 10 butir ekstasi warna putih merek chanel, timbangan digital, ribuan klips transparan dan uang tunai sebesar Rp 1,684 juta termasuk 25 BPKB dan 18 STNK kendaraan bermotor.

Selain itu, dari tangan Abdul Manan, petugas juga berhasil mengamankan satu pucuk senjata api rakitan (Senpira) jenis revolver beserta delapan amunisinya yang masih aktif.

Sedangkan, dari tangan Eko Priono warga Dusun Dalam Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muaraenim, berhasil diamankan barang bukti berupa satu paket sabu seharga Rp 400 yang disembunyikan di dalam sepatunya.

Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo didampingi Kasubdit III/Jatanras, AKBP Hans Rahmatullah Irawan, menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka Abdul Manan dilakukan berawal dari pihaknya yang melakukan penyelidikan terhadap kepemilikan Senpira.

"Setelah kita grebek dan tangkap, betul kita berhasil mendapatkan Senpira beserta delapan amunisinya yang disimpan di pinggangnya," jelasnya.

Mendapat hal tersebut, dikatakan Prasetijo, pihaknya pun kembali melanjutkan pemeriksaan terhadap tas tersangka dan dari pemeriksaan itu, pihaknya pun menemukan barang bukti narkoba berupa sabu dan ekstasi dalam jumlah yang cukup banyak.

"Kita juga berhasil menemukan puluhan BPKB dan STNK kendaraan bermotor yang diduga hasil gadaian dari para pembeli narkoba yang tidak memiliki uang. Dan ini merupakan modus baru," terangnya seraya mengatakan jika untuk kasus narkoba akan diserahkan kepada Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel.

Halaman
12
Penulis: Sugih Mulyono
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help