SriwijayaPost/

Jembatan Apung Pertama di Indonesia Siap Beroperasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tak hanya memiliki tugas membangun infrastruktur besar, melainkan juga infrastruktur dengan skala keci

Jembatan Apung Pertama di Indonesia Siap Beroperasi
http://properti.kompas.com/
Jembatan dengan teknologi apung pertama di Indonesia dibangun di Cilacap, Jawa Tengah. 

SRIPOKU.COM, CILACAP - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tak hanya memiliki tugas membangun infrastruktur besar, melainkan juga infrastruktur dengan skala kecil.

Berita Lainnya:  Di Semarang, Bangunan Apung Pertama Indonesia Bakal Hadir

Di antaranya adalah beberapa jembatan gantung seperti Jembatan Kali Cimamingkis, Jembatan Kali Senowo di Magelang, Jembatan Kaligaleh di Temanggung, dan jembatan gantung di Banten.

“Hal ini perlu dilaporkan kepada publik, karena kita tidak hanya membangun infrastruktur yang besar saja. Tetapi infrastruktur yang kecil juga perlu menjadi perhatian,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam siaran pers yang diterima KompasProperti, Rabu (15/2/2017).

Di Cilacap, Jawa Tengah contohnya, Kementerian PUPR tengah menyelesaikan perbaikan pembangunan Jembatan Apung sepanjang 47 meter.

Jembatan tersebut nantinya akan menjadi jembatan dengan teknologi apung pertama di Indonesia yang dapat dilalui oleh pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Teknologi apung dipilih karena di lokasi tersebut tidak memungkinkan membangun jembatan dengan teknologi pancang.

Tanah di sana merupakan tanah lunak yang sulit untuk bisa dipasang pondasi konvensional seperti pancang atau sumuran karena ongkos mobilisasi juga sangat mahal.

Dengan teknologi jembatan apung, pondasi konvensional digantikan dengan ponton dan mengacu pada konsep membangun di atas air.

Konsep ini berbeda dengan konstruksi pada awal berupa pembangunan jembatan di darat untuk kemudian diangkat ke atas ponton dan ditarik ke lokasi.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help