Bupati Musirawas Ingatkan Pejabat Jangan Terlibat Pungli

khusus Disdukcapil, pelantikannya ‎memang tidak serentak karena prosesnya sampai ke Mendagri.

Bupati Musirawas Ingatkan Pejabat Jangan Terlibat Pungli
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Bupati Musirawas Hendra Gunawan, melantik Kepala Dinas Dukcapil dan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, ‎serta tiga pejabat administrator dan empat pejabat pengawas, diruang Bina Praja Pemkab Musirawas, Selasa (14/2/2017). 

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Bupati Musirawas Hendra Gunawan mengingatkan pejabat jangan terlibat pungutan liar. Apalagi pejabat di SKPD yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik, seperti‎ Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Demikian diungkapkannya saat melantik Kepala Disdukcapil dan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, serta tiga pejabat administrator dan empat pejabat pengawas, diruang Bina Praja Pemkab Musirawas, Selasa (14/2/2017).

"Ini menyangkut pelayanan publik bersentuhan langsung dengam masyarakat. Sekarang sedang gencarnya pemberantasan pungli. Saya minta kalian tidak terlibat pungli. Saya yakin saudara akan melaksanakan tugas sebaiknya dan melayani masyarakat sebaiknya," ujar Hendra Gunawan.

Adapun yang dilantik sebagai Kepala Disdukcapil adalah Y Mori. Ia menggantikan posisi pejabat lama, yaitu Rudi Irawan yang dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM.

Dikatakannya, khusus Disdukcapil, pelantikannya ‎memang tidak serentak dengan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama lainnya. Sebab, Disdukcapil prosesnya sampai ke Mendagri.

"Khusus Disdukcapil, memang lain dengan yang lain. Prosesnya sampai ke Mendagri, hingga kemarin selesai, turun SK-nya, maka hari ini kita lakukan pelantikan, kepada yang dapat amanah selamat, bagi yang naik kelas jadikan sebagai penambah semangat," katanya.

Menurutnya, Disdukcapil merupakan bidang pelayanan publik yang sangat penting. Baik dalam pembuatan KTP elektronik maupun pencatatan sipil lainnya.

Meskipun dalam bidang pembuatan KTP elektronik Kabupaten Musirawas menorehkan prestasi, namun menurut Hendra Gunawan masih belum maksimal dan harus ditingkatkan. Sebab, masih ada masyarakat Kabupaten Musirawas yang belum memiliki KTP elektronik.

"Silahkan kepala dinas capil yang baru konsolidasi internal, tolong diperkuat lagi. Gunakan fungsi manajemen, sehingga pelayanan bisa lebih cepat. Kita sudah ada kendaraan pelayanan keliling, gunakan sebaiknya untuk melayani masyarakat," katanya.

Sementara kepada Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan SDM, diharapkan agar dapat meningkatkan kemampuan PNS, baik kompetensi dan kemampuan lainnya.

"Dan yang tak kalah pentingnya, cek narkoba harus rutin dilaksanakan. Hingga diharapkan seluruh ASN di Kabupaten Musirawas, tidak ada yang menggunakan narkoba," ujarnya. 

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help