Ini, Agenda Festival Cap Go Meh 2568 di Kota Singkawang

Perhelatan budaya Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, jatuh pada tanggal 11 Februari 2016. Serangkaian kegiatan pun telah dipersiapkan pa

Ini, Agenda Festival Cap Go Meh 2568 di Kota Singkawang
pontianak.tribunnews.com
Tatung Perempuan Cap Go Meh. 

SRIPOKU.COM , SINGKAWANG – Perhelatan budaya Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, jatuh pada tanggal 11 Februari 2016. Serangkaian kegiatan pun telah dipersiapkan panitia untuk menyukseskan perhelatan akbar tersebut.

Berita Lainnya:  Turis Asing pun Berdesak-desakan Pada Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang, Lihat Videonya

Agenda tahunan yang masuk dalam kalender event Kementerian Pariwisata serta Dinas Pariwisata Kota Singkawang, bakal digelar dengan nuansa yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekretaris Panitia Imlek dan Cap Go Meh 2568 Kota Singkawang, Andy Victorio mengungkapkan rangkaian acara sebenarnya sudah dimulai sejak tanggal 27 Januari 2017 atau sehari sebelum hari raya Imlek dengan acara pembukaan yang bertajuk Pesta Rakyat yang dipusatkan di halaman Singkawang Grand Mall.

“Pembukaan festival sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang dimulai pada malam Imlek. Acara pesta rakyat ini akan berlangsung selama 15 hari, dimulai sejak pembukaan hingga puncak perayaan Cap Go Meh tanggal 11 Februari mendatang,” ujar Andy kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2017).

Acara pesta rakyat tersebut dimeriahkan dengan hiburan musik dan penampilan tarian tradisional dari berbagai sanggar kesenian yang ada di Kota Singkawang. Rangkaian acara selanjutnya adalah karnaval lampion, yang akan diikuti oleh kendaraan hias yang pesertanya berasal dari instansi pemerintahan dan swasta di Kota Singkawang.

Karnaval Lampion ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2017. Andy menambahkan, rute karnaval lampion ini rencananya akan dimulai pukul 19.00 WIB dari halaman Singkawang Grand Mall, kemudian dilanjutkan berkeliling kota.

Kemudian yang menjadi rangkaian acara puncak dalam perhelatan ini adalah pawai atraksi Tatung yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Februari 2017. Rute pawai tatung ini, kata Andy, masih akan digodok kembali oleh panitia bersama dengan instansi pemerintah dan forkopimda. Namun sejauh ini belum ada perubahan dari rencana.

“Pawai tatung ini yang paling dinantikan. Rencananya nanti peserta akan berkumpul di sepanjang Jalan Alianyang, kemudian melewati Jalan Firdaus karena panggung kehormatan rencananya akan berada di Kantor Wali Kota, dan nanti akan finish di Tugu Naga,” papar Andy.

Posisi panggung kehormatan pada tahun ini mengalami perubahan dibanding dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Kantor Wali Kota Singkawang dipilih sebagai panggung kehormatan karena dinilai lebih representatitf.

Rencananya, lebih dari dua puluh duta besar dari berbagai negara akan hadir dalam pagelaran akbar tersebut.

“Selain duta besar berbagai negara, rencananya juga ada beberapa menteri kabinet yang akan hadir, sehingga untuk penempatan panggung kehormatan bagi tamu VVIP ini menggunakan halaman Kantor Wali Kota Singkawang,” jelas Andy.

Meski puncak acara jatuh pada tanggal 11 Februari 2017 atau bertepatan dengan hari ke-15 dalam penanggalan imlek, jelas Andy, pada tanggal 10 Februari 2017 para Tatung ini akan beraksi keliling kota untuk melaksanakan ritual tolak bala dan bersih kota.

“Harapan dari ritual bersih kota ini supaya Kota Singkawang terhindar dari marabahaya, aura negatif, terhindar dari penyakit, serta mendatangkan berkah, memberikan kedamaian dan kesejahteraan untuk masyarakat,” ucap Andy.

Penulis : Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help