Terungkap, Asal Muasal Batik Motif Megamendung

Berbicara mengenai batik tentu tidak akan ada habisnya. Sebab, ada begitu banyak jenis motif batik di Indonesia yang berbeda-beda satu sama lain. Sal

Terungkap, Asal Muasal Batik Motif Megamendung
https://www.google.co.id
Batik Megamendung. 

SRIPOKU.COM - Berbicara mengenai batik tentu tidak akan ada habisnya. Sebab, ada begitu banyak jenis motif batik di Indonesia yang berbeda-beda satu sama lain.

Berita Lainnya:  Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Batik Tulis yang Asli

Salah satu contoh motif batik yang terkenal adalah motif megamendung yang lekat dengan Kota Cirebon. Tidak hanya kain yang bermotif megamendung, di Cirebon sendiri, hampir semua rancangan kota sangat khas dengan motif ini.

Lantas, dari manakah motif megamendung ini berasal?

Seperti yang dijelaskan oleh seorang perancang busana Indonesia, Edward Hutabarat, ternyata motif megamendung ini merupakan hasil budaya peranakan.

“Pada abad ke-16, Sunan Gunung Jati (Wali Songo) menikah dengan seorang Ratu bernama Ong Tien yang berasal dari Cina dan membawa banyak keramik, porselen, benang emas, dan perlengkapan lainnya,” ujar Edward dalam pameran Tiga Negeri di Dia.lo.gue Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

Dia melanjutkan, salah satu porselen yang dibawa oleh Ong Tien ini tampak cantik dengan gambar awan. Nah, dari porselen bergambar awan itulah, motif megamendung yang kini terkenal di Cirebon terinspirasi dan lahir.

Kemudian motif megamendung pada batik ini menjadi favorit banyak orang sehingga warnanya pun beragam, mulai dari kuning, biru, dan merah.

Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help