Delapan Negara Ini Paling Ketar-ketir Terhadap Donald Trump

Selain ada tujuh negara yang gembira atas terpilihnya Donald Trump menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat, ada juga beberapa negara lain yang merisauk

Delapan Negara Ini Paling Ketar-ketir Terhadap Donald Trump
Getty Images/S Gallup
Seorang wanita melintas di depan mural Valdimir Putin dan Donald Trump yang ada di tembok bar di kota tua Vilnius, Lithuania, 14 Mei 2016. Gambar itu merupakan sebentuk interprestasi seorang seniman tentang hubungan antara AS dan Rusia. 

SRIPOKU.COM, WASHINGTON. DC — Selain ada tujuh negara yang gembira atas terpilihnya Donald Trump menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat, ada juga beberapa negara lain yang merisaukannya.

Hingga sejauh ini, setidaknya ada delapan negara yang diliputi kecemasan, termasuk ketar-ketir akan persekutuan Trump dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Meksiko

Trump berkali-kali memperingatkan soal deportasi dan tekanan hubungan perdagangan. Selama ini, 80 persen ekspor Meksiko bergantung pada AS.

Sekitar 60 persen produk impor negara ini berasal dari AS. Sementara itu, rencana Trump untuk membangun tembok di perbatasan juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Meksiko.

Ancaman dan retorika permusuhan Trump bisa jadi meningkatkan pencalonan kandidat sayap kiri, Andres Manuel Obrador, dalam pemilu Meksiko mendatang.

Jepang

Seperti halnya Trump, Perdana Menteri Shinzo Abe ingin punya hubungan yang lebih baik dengan Rusia, penyedia sumber energi penting bagi Jepang.

Namun, Jepang juga menginginkan kembalinya pulau-pulau Jepang yang dikuasai Soviet saat Perang Dunia II.

Sementara itu, jika Trump menciptakan hubungan yang makin panas dengan China, Jepang akan terjebak di antara dua mitra komersial terbesarnya itu.

Halaman
123
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help