Indonesia Bujuk Maskapai Scoot dan Tiger Air Buka Rute Baru

Indonesia membujuk maskapai Scoot dan Tiger Air untuk membuka rute penerbangan baru ke Indonesia.

Indonesia Bujuk Maskapai Scoot dan Tiger Air Buka Rute Baru
Daily Mail
Sebuah pesawat penumpang Scoot. 

SRIPOKU.COM , SINGAPURA - Indonesia membujuk maskapai Scoot dan Tiger Air untuk membuka rute penerbangan baru ke Indonesia.

Berita Lainnya:  Suami Isteri Berantem, Pesawat Scoot Terpaksa Mendarat di Bali

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam kunjungan ke kantor Scoot dan Tiger Air di Bandara Internasional Changi, Singapura, Rabu (18/1/2017).

"Yang baru itu pertama kita minta Solo. Karena dia (Scoot dan Tiger Air) buka untung. Kedua Manado itu yang baru. Ketiga kalau mau, dulu pembicaraannya Padang," jelas Arief kepada KompasTravel seusai pertemuan.

Menurut Menpar, pasar-pasar wisatawan menuju destinasi tersebut sudah potensial secara bisnis. Ia juga menyebutkan destinasi Belitung sebagai destinasi baru yang diinginkan Kemenpar.

"Terbanglah ke Solo. Kami punya Solo, Yogyakarta dan Borobudur," ujar Arief untuk menyakinkan pihak Scoot dan Tiger Air.

Chief Executive Officer Scoot dan Tiger Air, Lee Lik Hsin mengatakan pihaknya akan membicarakan permintaan Indonesia dengan pihak Singapore Airlines Grup. Pasalnya, Scoot dan Tiger Air adalah maskapai penerbangan yang berada di bawah jaringan Singapore Airlines.

"Indonesia adalah sesuatu yang ingin kita lakukan (pengembangan bisnis," jelas Lee Lik Hsin kepada KompasTravel seusai pertemuan dengan Menteri Pariwisata.

Direktur Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan pihaknya akan memberikan kemudahan untuk pihak Scoot dan Tiger Air dalam segi slot penerbangan maupun kemudahan dalam bentuk insentif.

Adapun AP II memberikan kemudahan dalam bentuk cash dan non cash untuk maskapai yang membuka rute baru ke bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II.

"Kalau bentuk non cash, kita bisa berikan landing free cost, parkir gratis, garbarata gratis, kemudian kita juga akan kasih slot advertising gratis di bandara," kata Awaluddin kepada KompasTravel.

Sementara untuk insentif dalam bentuk cash, Awaluddin menjelaskan insentif ini bisa menekan biaya operasi maskapai yang membuka rute baru ke bandara-bandara AP II.

Adapun maskapai berbiaya hemat Scoot dan Tiger Air telah melayani penerbangan dari Singapura ke tiga destinasi di Indonesia yakni Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Penulis : Wahyu Adityo Prodjo

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help