Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Batik Tulis yang Asli

Melihat dan membedakan batik tulis asli secara kasat mata mungkin merupakan tugas yang sulit bagi mata awam. Pasalnya, motif batik, baik yang ditulis

Jangan Tertipu, Ini Cara Bedakan Batik Tulis yang Asli
sanggarbatikkatura.com
Membatik. 

SRIPOKU.COM - Melihat dan membedakan batik tulis asli secara kasat mata mungkin merupakan tugas yang sulit bagi mata awam. Pasalnya, motif batik, baik yang ditulis asli, dicap, maupun menggunakan teknik printing, bisa saja terlihat serupa.

Berita Lainnya:  Donna Backues Lestarikan Batik di Amerika

Namun, ternyata setiap teknik memiliki ciri khasnya masing-masing yang dapat dengan mudah diketahui.

“Anda semua harus tahu tentang batik asli dengan batik yang setengah asli karena terlihat perbedaannya,” ujar Tina Andrean, seorang perancang busana Indonesia dalam acara peragaan busana koleksi terbaru dari label Heritage Culture di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dia melanjutkan, Anda bisa melihatnya dari kedua sisi batik tersebut. Jika batik tersebut dikatakan batik asli maka kedua sisinya akan sama.

“Sebab, mereka mengerjakannya dua kali, jadi luar dan dalam harus sama. Ini baru dinamakan batik asli karena melalui proses yang panjang,” tambah Tina.

Sementara itu, ada pula yang disebut dengan batik setengah-setengah. Biasanya batik tersebut dibuat dengan cap yang dikombinasikan dengan batik tulis.

Namun, adapula yang menggunakan teknik printing. Hal ini jelas sekali tidak akan nyata pada kedua sisi, hanya satu sisi saja, kata Tina.

Kemudian, Tina juga menekankan bahwa batik asli biasanya akan memiliki motif yang mengalir sehingga tampak lebih indah.

Untuk itu, penting sekali bagi orang Indonesia untuk mengetahui dengan pasti mana yang batik tulis asli dengan pengerjaan lainnya.

“Hal ini harus diketahui, batik ada kadar dan kualitasnya. Semakin tahu batik, tentu orang akan semakin menghargai batik itu sendiri,” jelasnya.

Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved