SriwijayaPost/

Sulit Tidur, Coba yang Satu ini

Seringkali saat sedang sulit tidur, kita berujung pada layar televisi atau gadget. Padahal, ini dinilai dapat semakin mengganggu ritme tidur, bahkan b

Sulit Tidur, Coba yang Satu ini
Discover ASMR
Tidur berkacamata. 

SRIPOKU.COM - Seringkali saat sedang sulit tidur, kita berujung pada layar televisi atau gadget. Padahal, ini dinilai dapat semakin mengganggu ritme tidur, bahkan bagi orang yang jarang alami kesulitan tidur.

Berita Lainnya:  Anda Kesulitan Tidur? Coba Minum Air Ini

Tetapi peneliti tidur Glenn Landry mengatakan, pilihan itu boleh-boleh saja, asal Anda memakai kacamata hitam setidaknya 2 jam sebelum tidur.

Cahaya biru, atau jenis cahaya elektronik yang dipancarkan dari perangkat seperti laptop, ponsel dan layar TV dapat mempengaruhi jam sirkadian, sistem alami dalam tubuh yang mendeteksi perubahan dari siang ke malam. Sistem inilah yang membuat tubuh rileks dan akhirnya mengantuk.

Nah, agar efek cahaya biru tak semakin mengganggu tidur, di samping membantu sistem sirkadian Anda bekerja lebih baik, Landry menyarankan kliennya untuk mengenakan kacamata selama dua jam sebelum tidur.

Tujuannya untuk “mengelabui” jam sirkadian ke dalam pemikiran bahwa itu adalah waktu untuk pergi tidur.

"Mulai pukul delapan malam, dua jam sebelum pergi ke tempat tidur, pakailah kacamata hitam. Ini bertujuan untuk untuk menghindari cahaya apapun. Dengan begitu, tubuh secara otomatis akan mendeteksi bahwa ini adalah akhir hari."

Menariknya, ia juga berkomentar, orang-orang yang jarang mendapatkan sinar matahari pagi juga berisiko kehilangan isyarat ke otak tentang perbedaan kapan harus terjaga dan tertidur.

"Cara lain untuk menghindari insomnia, Anda bisa bangun pagi dan berjemur di sinar matahari. Pastikan pula ruang terpapar cahaya alami saat siang dan gelapkan ruangan jelang tidur."

Sumber : Yahoo News

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help