SriwijayaPost/

Perangi Polusi Udara, China Bentuk Polisi Khusus

Peristiwa asbut (asap kabut) yang kerap melanda Ibu Kota China Beijing membuat pemerintah setempat membentuk satuan polisi khusus untuk memerangi polu

Perangi Polusi Udara, China Bentuk Polisi Khusus
http://media.iyaa.com/
Banyak warga kota Shenyang tidak menggunakan masker, padahal polusi udaranya sangat tinggi. (AFP) 

SRIPOKU.COM , BEIJING - Peristiwa asbut (asap kabut) yang kerap melanda Ibu Kota China Beijing membuat pemerintah setempat membentuk satuan polisi khusus untuk memerangi polusi udara.

Berita Lainnya:  Polusi udara sumbang kematian lebih dari 3 juta jiwa per tahun

Satuan polisi lingkungan tersebut merupakan salah satu dari beberapa rencana Wali Kota Beijing Cai Qi demi menangani masalah polusi udara yang sangat besar terjadi di sana.

Rencana lain Cai Qi adalah memangkas penggunaan bahan bakar batu bara hanya hingga 30 persen pada tahun ini, dan menutup 500 pabrik penyebab polusi udara.

Kemudian meningkatkan 2.500 fasilitas, menghentikan penggunaan 300 ribu kendaraan lama, dan mendapatkan gas serta diesel bersih di stasiun-stasiun paling lambat pada 15 Februari 2017.

Kendati tengah mengalami musim dingin dan mendapatkan udara lebih bersih, Cai mengakui polusi udara di Beijing masih sangat serius.

"Itulah mengapa pemerintah harus memperkuat perlindungan lingkungan dan lebih memperkuat pengawasan dan akuntabilitas pada 2017," jelas Cai.

Lebih lanjut Cai mengatakan, pembakaran sampah, biomassa, debu jalan, dan serangkaian tindakan ketidakpatuhan terhadap pelanggaran merupakan hasil dari longgarnya pengawasan serta lemahnya penegakan hukum.

Sementara polusi udara menjadi masalah konstan di China, hal itu juga menjadi lebih buruk ketika musim dingin dan sering melampaui batas aman WHO.

Saking parahnya, polusi udara di Beijing membuat banyak sekolah dan kantor tutup, pembatalan penerbangan, dan pelarangan mengemudi.

Sehari sebelum membuat pengumuman tentang hal-hal tersebut, pemerintah telah memberi tahukan bahwa anak-anak sekolah dan taman kanak kanak akan diberikan perlengkapan penyaring udara.

Undang Undang anti-polusi yang diberlakukan pada 2014 telah membuat China sedikit keluar dari masalah polusi.

Namun, menurut Christian Science Monitor, perlambatan ekonomi pada 2016 mengurangi antusiasme yang ada karena pemerintah China didukung polusi industri untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Penulis : Ridwan Aji Pitoko
Sumber : Inhabitat

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help