Begini Diabetes Menyerang Organ Tubuh

Salah satu personel grup vokal Project Pop, Muhammad Fachroni alias Oon, tutup usia pada Jumat (13/1/2017). Ia mengalami komplikasi penyakit diabetes

Begini Diabetes Menyerang Organ Tubuh
Shutterstock
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Salah satu personel grup vokal Project Pop, Muhammad Fachroni alias Oon, tutup usia pada Jumat (13/1/2017). Ia mengalami komplikasi penyakit diabetes tipe 2 yang menjalar ke jantung, ginjal, dan lever.

Berita Lainnya:  Tak Bisa Hadir di Pemakaman , Personel Project Pop Hadir Dengan cara Ini

Komplikasi penyakit pada pasien diabetes memang sangat mungkin terjadi jika gula darah sering tidak terkontrol.

Tingginya gula dalam darah bisa merusak pembuluh darah kecil maupun besar di seluruh tubuh, mulai dari kepala hingga kaki. Tanpa disadari kerusakan itu terus berlangsung hingga akhirnya muncul gejala.

Menurut dr.Em Yunir Sp.KD-KEMD dalam wawancara di Jakarta (30/8/16), banyak pasien yang baru datang berobat setelah mengalami komplikasi diabetes.

Yunir mengungkapkan, berdasarkan catatan di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, hampir 7 dari 10 pasien diabetes datang dengan kondisi komplikasi.

Komplikasi diabetes bisa menyerang semua organ tubuh di mana ada pembuluh darah. Apabila merusak pembuluh darah di jantung, pasien diabetes beisiko terkena serangan jantung.

Jika kerusakan pembuluh darah di otak, maka risikonya adalah terserang stroke. Komplikasi ke ginjal juga termasuk yang paling sering terjadi.

"Pada pasien cuci darah, sekitar 30 persennya karena diabetes, jadi komplikasinya kerusakan ginjal," kata Em Yunir.

Tingginya kadar gula dalam darah bisa membuat ginjal melakukan kerja lebih berat untuk menyaring darah. Kerusakan pada ginjal pun akhirnya terjadi karena sudah tak mampu menyaring darah.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help