Alex: Persyaratan Apa yang Kurang, Kita Mintakan

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH menyatakan tidak ada permasalahan soal perombakan pejabat struktural

Alex: Persyaratan Apa yang Kurang, Kita Mintakan
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH menyatakan tidak ada permasalahan soal perombakan pejabat struktural yang dilakukan Plt Bupati Muba Ir David Siregar MSc.

Menanggapi desakan Kuasa hukum Plt Bupati Muba yang sedang cuti kampanye Beni Hernedi, Mualimin Pardi Dahlan SH dan timnya agar gubernur memfasilitasi menjalankan surat Mendagri tanggal 30 Desember 2016 No 821/10267/otda yang isinya meminta Bupati Muba membatalkan pengangkatan dan mengembalikan ke jabatan semula.

"Saya sudah menemui Mendagri, sudah ketemu MenPAN, Dirjen Otda. Sudah dijelaskan ada alasan melakukan itu. Sekarang persyaratannya apa yang kurang? Belum ada persetujuan Mendagri. Kita mintakan," kata Alex usai pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati Empatlawang H Syahril Hanafiah SIP MM sisa masa jabatan 2013-2018 di Auditorium Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (10/1/2017).

Menurut mantan staf khusus bupati Muba bidang hukum, ham, dan pencegahan korupsi
ada satu tindakan hukum Plt Bupati David Siregar sehubungan dengan pemberhentian dan pengangkatan pejabat struktural Pemkab Muba. November 2017. Mendagri mengeluarkan surat 30 Desember 2016 No 821/10267/otda isinya meminta Bupati Muba membatalkan pengangkatan dan mengembalikan ke jabatan semula.

Gubernur kepanjangan Pemerintah Pusat. Isi surat belum dilaksanakan Plt Bupati. 15 pejabat struktural yang harus dicabut jabatannya dan dikembalikan ke semula belum dilaksanakan.

"Kenapa Bapak Beni H menyampaikan masalah ini ke publik. Ini bentuk pengingkaran etika. Sejak ditunjuk Plt, Pak David tanpa komunikasi dibangun kepada Bapak Beni selaku pejabat definitif sampai 16 Januari 2017. Plt harus jaga etika setiap hal pemerintahan," kata Mualimin yang biasa disapa Apeng.

Beni Hernedi berhalangan karena menjalani cuti menjadi Cawabup Muba berpasangan dengan Dodi Reza pada Pilkada 14 Februari 2017.

Ketika hal ini coba dikonfirmasi, ponsel Plt Bupati Muba Ir David Siregar MSc tidak diangkat. Ketika dimintai tanggapannya lewat Whatsapp, David hanya menyebut dirinya sedang rapat.

"Maaf saya lg rapat di Kemendagri," tulis David.

Sementara Sekda Muba Drs H Apriadi MSi membenarkan David Siregar sedang berada di Kemendagri.

"Terkait hal tersebut, kita menunggu arahan, rekomendasi dari gubernur. Surat itu kan ditujukan ke gubernur. Kita Muba menerima tembusan. Muba ini kan objek. Apa yang diarahkan gubernur, akan kita tindaklanjuti," kata Apriadi.

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: wartawansripo
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved